Banner adz

Beternak Ikan Cupang Paling Simpel

Semua orang pasti sudah kenal ikan yang satu ini, Ikan Cupang, di tempat lain di sebut juga ikan Betta atau Laga.

Nah apakah ikan ini salah satu koleksi peliharaan sobat ikan hias? karena hampir semua orang suka dengan ikan yang satu ini, apalagi anak-anak, biasanya anak-anak suka untuk di adu, karena ikan ini ya bisa di bilang agresive, bisa berantam sesama mereka sampai tewas, ckckckc...

tapi kini ikan cupang bukan hanya untuk di adu saja looh, sekarang ikan cupang sudah banyak jenisnya, munculah ikan cupang hias, yang bisa di nikmati keindahan warna nya.



 bahkan sering diadakan kontes dengan hadiah yang fantastis. bagaimana, tertarik untuk memelihara ikan ini?
atau sobat sudah punya ikan ini? nah jika sudah punya saya akan berbagi info bagaimana mengembang biakan ikan cupang ini, agar ikan cupang sobat bertambah banyak.

asiknya mengawinkan ikan cupang itu kita bisa menciptakan strain atau jenis baru looh dengan kawin silang.
nah kita mulai saja.


Baca Juga: Tips Beternak Ikan Cupang agar dapat hasil maksimal



pertama siapkan indukan terlebih dahulu, kalau bisa indukan nya yang sudah matang kelamin ya, jangan yang masih kecil.
karena agar anak nya nanti banyak dan kualitasnya bagus.

oke cara membedakan indukan jantan dan betina adalah:
Ikan jantan memiliki badan yang ramping di bandingkan betina, untuk ikan betina bisa di lihat dari bentuk badannya nya yang buntet, khususnya pada bagian perut agak besar karena mengandung telur, apalagi bisa di lihat di bagian perut bawah ada bulatan putih seperti telur.



nah jika sudah bisa membedakan, kini kita mulai praktek, siapkan wadah pemmijahan, bisa apa aja terserah, bahkan saya menggunakan toples bekas astor pun jadi :)

jika sudah, isi air jangan terlalu penuh, cukup seperempat saja dari wadah, kenapa? karena agar anakan nanti bisa mudah mengambil nafas jika suatu saat terjadi indukan gagal mengurus telur.

kalau sudah menyiapkan tempat, masukan indukan jantan terlebih dahulu, biarkan mengenali tempat. sementara itu siapkan indukan betina di tempat lain (botol beling, atau botol air mineral gelas) kalau bisa sebelum di kawinkan beri makan yang banyak kepada indukan betina agar telurnya banyak :)

nah jika induk jantan sudah mengenali tempat, sore hari masukan wadah indukan betina (tanpa di campur ) ke dalam tempat pemijahan. jadi masukan dengan toples indukan betina tadi, jangan di campur (di lepas) dengan indukan jantan, biarkan dengan toplesnya agar saling mengenal dulu.

nah sementara itu indukan jantan akan membuat sarang busa, biasanya pagi hari sudah banyak sarang busa, nah bolehlah kita lepas indukan betina dari toples tadi, campurkan dengan jantan.

kita tunggu biasanya siang hari sudah mulai bertelur. atau kalau belum terlihat tanda-tanda memijah, tunggu saja, paling lama itu 3 hari baru kawin, tapi biasanya sih ketika pagi di campur, siang nya bertelur (berdasar pengalaman).



kalau proses kawin sudah selesai. biasanya betina berada di pojokan agak jauh dari sarang busa.nah segera angkat betina dan biarkan jantan berada di wadah pemijahan untuk merawat telur.

jika terjadi gagal, dan iindukan jantan memakan telur-telur, segera angkat saja, biarkan telur menetas sendiri, walau tanpa di rawat indukan jantan, telur tetap bisa menetas sendiri, nah itulah gunanya memberi air sedikit agar anakan ikan yang jatuh ke dasar bisa kuat naik mengambil nafas.
untuk kasus ini kita tetap bisa mendapatkan hasil loh, pengalaman saya tetap bisa menghasilkan anakan jumlahnya cukup banyak sekitar seratusan walau tidak di rawat indukan jantan.

dalam 2 atau 3 hari telur akan menetas, biarkan indukan jantan di tempatnya, setelah sekitar seminggu atau jika terlihat burayak sudah berenang keluar dari sarang busa, segera pindahkan jantan ke tempat lain.




untuk pembesaran burayak bisa di berikan pakan kutu air halus, atau bisa dengan kuning telur jika tidak ada kutu air. bahkan susu bubuk pun bisa, asal jangan banyak-banyak.

nah demikian info kali ini tentang bagaimana beternak ikan cupang, semoga koleksi ikan cupang sobat tambah banyak ya, coba deh kawin silang dengan warna atau jenis lain, nantinya sobat bisa dapat ikan cupang terbaik dengan corak yang indah.

oke sampai jumpa lagi. :)



0 Response to "Beternak Ikan Cupang Paling Simpel"

Posting Komentar

Advertisement