Banner adz

Beternak Ikan Paradise

Halo Sobat ikan hias berjumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan berbagi info tentang bagaimana mengembang biakan ikan Paradise.

ikan ini salah satu ikan favorit saya looh, karena warnanya bagus dan termasuk mudah juga mengembang biakan nya, tapi ikan ini cukup agresive juga, kalau di campur dengan ikan lain kadang suka menyerang atau memangsa ikan lain, nah looh jadi hati-hati ya, harus pilih ikan lain yg sesuai untuk teman ikan paradise ini di akuarium sobat :)

ternak ikan paradise


untuk membedakannya cukup mudah bisa di lihat dari bentuk badannya, ikan Jantan memiliki badan ramping, warna lebih cerah, sirip ekor lebih panjang.
ikan paradise jantan
Jantan dg tubuh lebih ramping.
(foto sumber: www.google.com)


ikan Betina memiliki tubuh lebih bulat, di bagian perut lebih terlihat bulat, warna agak pudar, dan sirip tidak begitu panjang seperti jantan.
ikan paradise betina
Betina perut lebih bulat
(sumber: www.google.com)


Jika sudah siap indukan maka kita bisa langsung proses pemijahannya, pemijahan ikan paradise sebenarnya hampir sama dengan cara menernakan ikan sepat, atau sama juga dengan menernakan ikan cupang. oke langsung aja siapkan tempat pemijahan nya, terserah sobat bisa apa saja yang penting bisa isi air, :)

jika sudah, siapkan juga tanaman air untuk meletakan sarang busa nya, kalau bisa tanaman yg mengapung.
nah jika sudah, masukan induk jantan ke wadah pemijahan, biarkan mengenali tempat.

sore hari atau malam hari bisa kita campurkan indukan betina, dan biarkan sampai esok hari.
biasanya besok sudah kawin, tapi kalau belum, tunggu saja, paling lama 3 hari ikan ini akan kawin.

ikan ini berkembang biak dengan membuat sarang busa, sama seperti cara beternak ikan cupang jadi bisa kita lihat kalau sudah bertelur maka akan di letakan di sarang busa tersebut, tandanya adalah sarang busa dengan warna lebih putih solid.
jika sobat sudah melihat sarang busa dg telur di dalamnya maka sobat bisa segera memisahkan indukan betina, sedangkan indukan jantan di biarkan saja di tempat pemijahan.

indukan jantan akan mengurusi telur hingga menetas. setelah sekitar 3 hari akan terllihat burayak di sarang busa tersebut, jika burayak sudah agak besar dan berenang menjauh dari sarang busa, juga terlihat indukan jantan sudah tidak mengurus anaknya maka sobat bisa segera memisahkan indukan jantan tersebut.\

Simak video lengkap nya



untuk burayak bisa di beri pakan kutu air terlebih dahulu, sobat bisa juga mengkultur kutu air sendiri. jika sudah besar bisa di beri jentik nyamuk.

nah kini sobat bisa mencoba menernakan ikan paradise di rumah secara sederhana, cara ini sudah saya praktekan terlebih dahulu, jadi berdasar pengalaman.
kalau sobat berhasil, maka sobat tak perlu lagi membeli ikan di toko ikan, ehehehehe...

demikian info tentang beternak ikan paradise dari saya, semoga bermanfaat, sampai jumpa di post berikutnya. :)

1 Response to "Beternak Ikan Paradise"

  1. Ikan paradise (paradise fish) salah satu ikan favoritku

    Ikan ini spt ikan cupang type fighting tp tampilan fisik spt ikan sepat nama akhiran jg sm spt ikan sepat (gourami) bedanya sm ikan sepat suka damai klau ikan paradise suka berantem

    Ikan paradise sudah mulai ramai dan mulai banyak varian jenis dan warna ada yg black ada yg blue merah kuning oren silver albino dll dan ada yg type ekor serit / crowntail

    Salut dan terus kembangkan ikan ini biar ramai peminat spt ikan cupang / ikan petarung

    Salam petani

    BalasHapus

Advertisement