Banner adz

Mengawinkan Ikan Zebra Sederhana

halo apa kabar, pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana mengawinkan ikan zebra di lahan terbatas secara simple.

semua yang saya tulis adalah hasil pengalaman pribadi, jadi sudah di buktikan dan bisa di praktekan atau di kembangkan lagi caranya sesuai selera anda agar memperoleh hasil yang banyak.

nah sebelumnya kita kenalan dulu dengan ikan zebranya ya.. :) bentuknya kira-kira seperti ini:

cara mudah ternak ikan zebra


Ikan zebra atau zebrafish (Danio rerio) merupakan ikan hias air tawar populer yang banyak menjadi pilihan para penghobi ikan. Ikan ini berukuran kecil, senang berkelompok, dan mudah dipelihara. Terdapat beberapa varian ikan zebra yang dapat ditemui seperti berwarna hitam putih, pink, kuning, bersirip panjang, ataupun dengan pola mirip macan tutul.


Baca Juga: Mudahnya Mengembangbiakan Ikan Rainbow



Ikan zebra adalah ikan yang mudah berkembangbiak di dalam akuarium. Ikan ini mencapai kematangan seksual setelah berumur 3 bulan dengan ukuran kurang lebih 2,5 cm. Ikan zebra jantan memiliki tubuh yang langsing, sedangkan betina memiliki perut yang lebih besar dan berwarna keputihan. Perut betina berukuran lebih besar karena berisi telur-telur calon individu baru.

nah sudah bisa membedakan jantan dan betina kan? sekarang saatnya mengawinkan :)

pertama-tama kita siapkan tempat pemijahan, bisa apa aja terserah, yang penting ikannya bisa berenang ke sana ke mari, hehehe...
kalau dulu waktu saya kecil malah tempatnya pakai bekas jirigen minyak kecil yang saya belah, tapi jadi juga looh lumayan banyak anaknya..
kan judulnya mengawinkan secara sederhana, yah kita dari bahan apa aja yang penting bisa dulu, masalah hasil banyak atau tidaknya nanti sobat bisa latih lagi.
cara mudah ternak ikan zebra


kalau sudah ada tempatnya, isi dengan air, ga usah penuh-penuh, setengah atau seperempat dari tempat nya juga bisa.

lalu kita letakan induk betina nya , nah di tempat pemijahan itu biasanya saya bikin tempat sarang telur dari tali Rapia yang di ikat terus di sobek kecil-kecil (seperti pom-pom punya cheerleader) atau bisa juga pakai tumbuhan air seperti eceng gondok yang akarnya banyak atau mungkin tumbuhan aquascape, tapi bersihkan dulu agar tak ada parasit.


Baca Juga: Cara Ternak Ikan Louhan Paling Mudah


nah kalau sudah, biarkan saja betina nya mengenali tempat, siapkan juga jantannya pisahkan di tempat lain dulu, di toples atau di mana saja.





malam hari campurkan jantannya ke wadah pemijahan, biasanya keesokan pagi nya ikan sudah kawin, bisa di  lihat dari jantan yang mengejar-ngejar betina dan sesekali menempelkan badan bawahnya ke perut betina, kalau kita jeli malah bisa keliatan telurnya keluar dari perut betina.

nah agak siangan baru kita pisahkan ke dua induknya, angkat dari tempat pemijahan, biarkan telurnya menetas dengan sendiri.

setelah 2 atau 3 hari akan terlihat burayak, nah artinya pemijahan berhasil, tinggal pembesaran saja, burayak bisa di beri infusoria, atau kutuair halus juga boleh sampai nanti agak besar dikit baru bisa di beri jentik nyamuk.
cara mengawinkan ikan zebra ini sama dengan mengawinkan ikan malabar looh, silahkan cek di postingan saya yang lain

demikian lah dari saya tentang Mengawinkan Ikan Zebra sederhana ala newbie, sampai ketemu lagi di post berikutnya, semoga bermanfaat :)

berikut bisa lihat video bagaimana ikan zebra sedang kawin






0 Response to "Mengawinkan Ikan Zebra Sederhana"

Posting Komentar

Advertisement