Banner adz

Cara Ternak Ikan Louhan Paling Mudah

Siapa tidak kenal ikan yang satu ini? nah ikan ini pernah heboh loh dulu sempat booming bahkan harganya ada yang mencapai jutaan rupiah per ekor.
pastinya sobat ikan hias pernah juga kan punya ikan ini? atau mungkin sekarang masih memelihara?
nah untuk kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara ternak ikan louhan paling mudah.

oke pertama kita siapkan dulu tempatnya, kali ini saya sarankan menggunakan akuarium yang cukup luas ya, apalagi jika ukuran ikan sobat tergolong besar. semakin luas semakin bagus.

jika sudah sedia tempat, jangan lupa pasang aeorator untuk menjaga kandungan oksigen air.
nah kemudian siapkan sekat pada akuarium sobat, usahakan sekat dari kaca dan bisa di bongkar pasang ya.


Baca Juga: Mengawinkan Ikan Barbir



jangan lupa sediakan indukan yang sudah matang kelamin.
untuk membedakan ikan lohan jantan dan betina caranya adalah bisa di lihat dari sirip atasnya, jika terdapat spot atau bintik atau garis hitam berarti itu betina, tapi kadang tidak selalu juga sih, tergantung jenis nya juga namun umumnya seperti itu.
warna pada betina juga kurang cerah dan kadang timbul garis-garis hitam di badannya.
untuk membedakan lainnya bisa di lihat dari alat kelaminnya.
Kelamin pada ikan jantan biasanya menonjol lancip, kemudian pada pangkal kelamin menyempit. Sedangkan pada betina kebalikannya, kelamin agak lebar dan tonjolan tidak terlalu kelihatan.


nah jika sudah semua tinggal masukan lohan ke akuarium tadi, ingat jangan di campur ya, masukan jantan di satu bagian dan betina di bagian lainnya yg di pisahkan sekat tadi.
kalau saya biasanya memasukan jantan dulu, setelah agak lama baru masukan betina. perhatikan jika jantan terlihat agresive jangan buka sekatnya.

nanti setelah adaptasi berkenalan baru bisa buka sekatnya perlahan-lahan jangan sampai ikan kaget. kemudian biarkan ikan bercengkrama hingga kawin.oh iya, sediakan juga wadah untuk menempelkan telurnya ya, kalau saya biasa menggunakan piring, taruh saja piringnya di dasar tengah akuarium.

proses kawin bisa di lihat dari tanda-tanda jika ikan betina pada kelaminnya muncul tonjolan, jika sudah terlihat itu tandanya ikan akan segera kawin dan bertelur.

ikan yang sedang kawin bisa terlihat jika induk betina menempelkan telurnya pada wadah yang kita sediakan tadi dengan berenang maju mundur, kemudian setelah selesai ikan jantan akan bergantian menempelkan sperma nya di telur yang sudah menempel di wadah tadi begitu seterusnya secara bergantian sampai proses selesai.


biasanya proses pemijahan ini memakan waktu 1 hari. jika sudah selesai, angkat kedua indukan tadi, biarkan telur menetas di akuarium.

setelah 3-4 hari mulai terlihat anak-anak lohan yang terbentuk dari telur tadi, hanya saja masih belum bisa berenang, biarkan saja jangan di beri makan dulu.
setelah kuning telur habis, anak louhan bisa kita beri pakan kutu air.
sampai agak besar bisa kita beri jentik nyamuk.
jika akuarium terlihat padat, sobat bisa memindahkan anakan louhan tadi ke tempat yang lebih besar agar mengurangi resiko kematian karena saling berkelahi.


Baca Juga: Beternak ikan Maskoki


nah demikian tentang cara ternak ikan louhan paling mudah yang pernah saya lakukan, jika sobat punya cara lebih mudah silahkan berbagi dengan saya dan sobat ikan hias lainnya di kolom komentar.
selamat beternak.

2 Responses to "Cara Ternak Ikan Louhan Paling Mudah"

  1. Sis... jual ikan louhan yg masih bibitan ga???

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan, kita ga jual ikan hias, kita cuma share teknik ternak ikan aja gan

      Hapus

Advertisement