Banner adz

Cara Kultur Micro Worm Paling Mudah

Bagi sobat yang sedang mencoba membudidayakan ikan hiasnya, tentunya di butuhkan pakan untuk anakan ikannya, biasanya kita menggunakan kutu air sebagai pakan utamanya, namun kadang di musim tertentu sangat sulit mendapatkan kutu air, sehingga bisa juga di coba sengan mengkultur kutu air sendiri

nah sobat bisa coba memberikan pakan Microworm untuk anakan ikan hias sobat, cara mengkulturnya cukup mudah kok, berikut saya bagikan infonya berdasar pengalaman saya.

Microworm adalah makanan hidup yang sangat baik untuk burayak ikan dan sangat mudah untuk dipelihara. Microworm berwarna putih transparan dan memiliki panjang tubuh +3mm .


Sobat membutuhkan sebuah wadah bertutup, misalnya wadah es krim atau wadah lainnya, tetapi harus tahan air. Cacing perlu bernapas, jadi jika tutupnya kedap udara, buatlah beberapa lubang kecil pada tutupnya. Microworm mudah dilihat, sobat dapat melihatnya berkilauan pada permukaan media kultur.


nah berikut cara mengkulturnya
Pertama, sediakan oatmeal dan seduh dengan air panas, sobat juga bisa menggunakan tepung terigu atau roti tawar jika tidak ada oat meal,  jangan terlalu kental ataupun terlalu encer dalam membuat adonannya ya.


Kedua, biarkan larutan tersebut hingga dingin, kemudian masukkan ke dalam wadah. Ketiga, masukkan bibit microworm (starter) pada media kultur (untuk starter, sobat bisa membeli terlebih dahulu, banyak kok yang jual di online juga ada)  Terakhir, tutup wadah kultur dan tunggu 3-6 hari pasti kelihatan hasilnya.

Perawatan cukup dengan menambahkan media baru pada media lama. Jika microworm sudah banyak terlihat pada sisi wadah, maka sudah bisa dipanen.
Untuk memanennya sobat cukup menggunakan lidi atau cotton bud, atau bahkan jari untuk mengusap microworm pada sisi wadah.

Mereka akan hidup selama sekitar 6 jam dalam air biasa, jadi saat memberikan kepada burayak, jangan berlebihan karena akan menyebabkan air kotor.

Jika sobat memiliki ikan dalam jumlah banyak, saya sarankan untuk mengkultur lebih banyak lagi sehingga setiap hari sobat bisa memanennya. Selama sobat  menjaga siklus ini, sobat  tidak lagi perlu khawatir untuk kehabisan pakan.

kalau stock microworm sobat banyak, sobat bisa menjualnya juga kok, banyak looh yang butuh pakan ini, oke selamat mencoba :)


5 Responses to "Cara Kultur Micro Worm Paling Mudah"

  1. beli microworm di malaysia PM Teoh 017-552 2128

    BalasHapus
  2. sayamautanya kenapa MW saya jarang ada yang timbul ke tepi wadah .
    toong saran nya agar MW tidak banyak yg mati,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah berapa hari semenjak di tanam gan? biasanya akan muncul setelah 2 atau 3 hari, kalau dalam seminggu tidak muncul berarti gagal, apa kebanyakan air kah?

      Hapus
  3. Ka, Siklus hidupnya gimana ya ?
    Bisa di share ngak

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat, cara kultur microworm selengkapnya ada disini : kultur microworm

    Informasi selengkapnya tentang ikan cupang ada di sini : cupang sehat

    BalasHapus

Advertisement