Banner adz

Beternak Ikan Sumatra Secara Mudah

Sobat tentu tak asing lagi dengan ikan satu ini, karena banyak di jual di toko ikan hias, ya ikan Sumatra.
kali ini saya akan berbagi tips bagaimana betrnak Ikan Sumatra secara Mudah.

kalau sobat belum kenal yuk kita kenalan dulu dengan ikan satu ini. ikan ini warnanya seperti macan loreng-loreng gitu sob, kalau di pelihara dalam jumlah banyak akan lebih terlihat indahnya. ikan ini termasuk omnivora, tapi jangan di campur dengan ikan maskoki ya sob, karena ikan ini tergolong agresive juga, ekor ikan maskoki kesayangan kamu bisa habis di gigitin sob, hehehe

sekarang mari kita mulai memijahkan, pertama sobat siapkan tempat untuk memijahkannya, terserah sobat, bisa akuarium kecil, bak atau ember juga bisa, hehhe

Baca Juga: Inilah Ikan Termahal Di Dunia


nah kalau sudah, sekarang siapkan induknya. untuk ikan sumatra yang bagus untuk dikawinkan sebaiknya yang berukuran 6 cm atau lebih, nah membeedakannya cukup mudah, kalau ikan betina terlihat dari warnanya yang kurang mencolok, dan perut terlihat agak besar bulat (gambar di atas)

kalau ikan jantan, warna agak terang sob, kadang muncul warna merah pada hidungnya, dan badan agak ramping (gambar bawah).



nah kalau sudah bisa membedakan, sekarang kita mulai memijahkan, ikan ini bisa di pijahkan secara masal, sobat masukan saja semua indukan ke dalam wadah, dan tunggu memijah, akan terlihat di dasar telur2 berserakan, kalau sobat siapkan substrat maka telur akan menempel di substrat tadi.

atau kalau mau memijahkan dengan cepat, masukan induk jantan ke dalam wadah pemijahan, biarkan beradaptasi, kemudian sore hari, masukan indukan betina, biasanya akan memijah malam atau pagi hari, nah siang hari bisa sobat cek deh, kalau sudah ada telurnya segera pisahkan kedua indukan tadi, dan biarkan telur sampai menetas.

Baca Juga: Lendir Ikan Lele Bisa Sembuhkan Luka Penderita Diabetes


setalah 2 atau 3 hari telur akan menetas menjadi burayak, burayak masih mengandung kuning telur jadi ga usah di beri makan dulu, nah seteelah habis kuning telurnya, baru bisa di beri makan halus seperti kutu air.

nah demikian info cara beternak ikan sumatra secara mudah, semoga berhasil ya sob..

0 Response to "Beternak Ikan Sumatra Secara Mudah"

Posting Komentar

Advertisement