Banner adz

Cara Ternak Ikan Lele

Untuk memulai usaha sebagai peternak, sobat  tentu harus menyiapkan modal dan pengetahuan yang benar tentang ternak lele seperti pembibitan atau pembenihan, pemijahan. ada beberapa hal penting yang harus sobat tahu dalam budidaya catfish, di antaranya adalah;

Keunggulan ternak lele
Sebelum sobat benar-benar memilih melakoni bidang usaha ternak lele ini, ada baiknya sobat meyakinkan diri terlebih dulu, sebagai motivasi, berikut kami sajikan keunggulan budidaya ikan tersebut dibanding yang lainnya, simak.



Mudah dilakukan
Tidak membutuhkan banyak modal
Khusus untuk kolam terpal, sobat bisa mengatur ikan yang ada di dalam kolam dengan sangat mudah.
Budidaya lele itu praktis saat panen jika dilakukan dalam kolam terpal
Air dapat dikontrol dengan mudah jika dilakukan dalam kolam terpal
sobat bisa menentukan media terbaik bagi habitatnya tanpa harus khawatir kontaminasi dari air tanah.
Keunggulan di atas merupakan keunggulan khusus untuk budidaya lele yang dilakukan di dalam kolam terpal.



Tips membudidayakan ikan lele
Setelah sobat  yakin untuk membudidayakan ikan tersebut, sekarang saatnya untuk mulai langkah dalam cara ternak catfish. Berikut langkah yg bisa sobat ikuti.



Langkah pertama
Hitung dulu bibit yg akan di tanam dalam kolam tersebut. Sesuaikan dengan jumlah modal yg sobat miliki atau sudah siapkan. Hal ini karena jumlah bibit sangat erat kaitannya dengan luas kolam terpal untuk lele.



Langkah kedua
Gunakan perbandingan yg tepat saat membuat kolam terpal. Pembuatannya bisa didasarkan pada ukuran 100 ekor lele per 1 meter persegi luas lahan. Sementara itu, untuk ketinggian kolam sobat bisa menggali hingga 1,5 m. Jadi pada intinya, kita bisa menggali tanah dengan kedalaman 1,5 meter,s sementara panjang dan lebarnya bisa kita sesuaikan dengan bibit lele yg sudah kita siapkan tadi.



Langkah ketiga
Siapkan terpal dengan panjang dan lebar yg lebih besar ketimbang ukuran galian tanah. Pastikan bahwa masih ada sisa terpal sepanjang setengah meter yg terlihat dari luar. Sebelum memasang terpal. Pastikan bahwa tanah yg kita gali sudah bersih dari kerikil, batu, dan keras.



Langkah keempat
Selanjutnya, kita bisa memasukkan air ke dalam terpal. Air ini juga harus mengandung plankton dengan metode dicampur dengan kompos sapi lantas dibiarkan selama 3 hari. Baru bibit ikan dimasukkan ke dalamnya. Atau kita bisa membuat air plankton ini terpisah dari kolam terpal.

0 Response to "Cara Ternak Ikan Lele"

Posting Komentar

Advertisement