Banner adz

Cara Mengobati Sirip Ikan Cupang Yang Rusak

Ikan cupang merupakan ikan favorit banyak orang, karena ikan ini sangat mudah untuk di pelihara, dan untuk mengembangbiakan ikan cupang pun cukup mudah.

dahulu saat saya kecil, ikan cupang di kenal hanya untuk aduan saja, belum atau jarang sekali jenis ikan cupang hias di temukan.
kini ikan cupang sudah banyak bermunculan jenis baru akibat perkawinan silang dari pemijahan ikan cupang

ikan cupang bukan lagi sekedar ikan aduan, tapi sudah menjadi ikan hias dengan warna-warni yang beragam dan sirip yang beragam pula, mulai dari halfmoon, crowntail, big ear, dumbo ear maupun plakat.

nah keindahan ikan cupang selain dari warnanya juga dari siripnya, jika sirip ikan cupang sobat rusak tentunya akan mengurangi keindahan ikan cupang sobat, ada beberapa tips untuk mengobati sirip ikan cupang yang rusak.

berikut ini cara mengobati sirip ikan cupang yang rusak, agar ikan cupang sobat bisa bagus kembali.

1. Mengganti air .
Air adalah salah satu hal terpenting dalam merawat ikan, ibarat manusia air adalah darahnya. Kondisikan air agar tetap bersih setiap hari untuk mempercepat pertumbuhannya. Bisa dengan mengganti total atau mengganti sebagian saja dengan cara cukup di sedot dengan selang bagian bawah nya yang terdapat kotoran ikan cupang.

2. Berikan daun ketapang kering pada tempat ikan cupang.
Kenapa daun ketapang? karena daun ketapang sangat bermanfaat untuk ikan cupang. Daun ketapang kering ini berguna sebagai antibiotik alami dan menormalkan ph air sehingga baik untuk ikan cupang.

Air yang diberikan daun ketapang kering akan berubah menjadi kuning, biarkan saja itu normal. Daun ketapang yang terbaik adalah ketapang laut (tumbuh di pesisir atau dekat laut).

3. Berikan garam ikan.
Garam ikan yang biasa di gunakan untuk mengkultur artemia juga bisa di pakai untuk mengobati sirip ikan cupang yang rusak. Garam ikan berfungsi sebagai penyeimbang proses osmosis dalam tubuh ikan, ini akan membantu penyembuhan luka dan menstabilkan tubuh ikan karena metabolisme dalam tubuh ikan tidak bekerja secara berat.

Gunakan sesuai aturan biasanya 0,1% dari air, atau 10 gram untuk 1 liter air, pengobatan ini bisa berbeda lagi dosisnya untuk ikan sakit, tetapi untuk memperbaiki sirip ekor cupang saya rasa cukup segitu juga, karena kalo kebanyakan juga bahaya.



4. Berikan makanan yang bergizi (jentik, kutu air, dll).
Pemberian jentik menurut saya yang paling bagus, karena kandungan proteinnya yang tinggi bisa mengembalikan sel-sel ikan yang rusak. jika sobat kesulitan mencari jentik, sobat bisa coba mengkultur jentik nyamuk sendiri,

5. Lamanya proses penyembuhan sirip ikan cupang rusak berbeda-beda tergantung kerusakannya, jika hanya robek (tulangan tidak patah) biasanya 1-2 minggu sudah rapet kembali. Jika tulangan sirip patah bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk kembali sempurna.


6. Untuk tambahan bisa diberikan Metil Biru (Methylene Blue) yang bisa didapatkan di toko akuarium.

nah demikian lah tips atau cara mengobati sirip ikan cupang yang rusak agar utuh kembali, jika sobat punya cara lebih ampuh boleh lah berbagi dengan sesama penghobi ikan cupang, selamat mencoba

0 Response to "Cara Mengobati Sirip Ikan Cupang Yang Rusak"

Posting Komentar

Advertisement