Banner adz

Cara Mudah Kultur Artemia

Di postingan terdahulu sudah kita bahas berbagai macam cara kultur makanan anak ikan hias, seperti cara kultur kutu air, cara ternak jentik nyamuk, juga cara kultur microworm, kali ini kita coba bahas Cara kultur artemia. sekilas terdengar sangatlah rumit mengingat artemia adalah sejenis udang renik yang berukuran kecil.

Tapi kita coba saja dengan cara sederhana dan mudah, yuukk..

Cara kultur Artemia Mengunakan botol adalah solusi untuk membudidayakan artemia, yaitu makanan alami bagi ikan, pakan tersebut guna untuk memenuhi gizi larva ikan.

Contohnya pada budidaya ikan guppy. adapun pakan alami lain yang sejenis artemia yaitu kutu air.

Artemia masih tetap merupakan bagian yang esensial sebagai pakan larva ikan guppy dan udang hias diunit pembenihan.

Keberhasilan pembenihan ikan gabus, ikan cupang dan ikan nila juga memerlukaan ketersediaan Artemia sebagai pakan alami esensialnya.

Dan bahwa kenyataannya adalah kebutuhan Artemia untuk larva ikan akan semakin banyak maka kebutuhan cyste Artemia pada tahun-tahun mendatang akan semakin meningkat


Habitat Dan Sumber Protein
Dalam Melakukan budidaya artemia cukup mudah, dimana budidaya yang ada disini dimaksudkan untuk menetaskan telur artemia yang sudah dijual ditoko-toko.

Bibit dapat dibeli di toko-toko ikan tertentu maupun di toko online.

Bibit artemia berbentuk kista, kista tersebut akan ditetaskan dalam sebuah wadah, dimana wadah budidaya artemia yang akan dibahas menggunakan botol.

Berikut cara budidaya artemia dalam botol :


Siapkan Peralatan Yang digunakan

Selang Oxygen
Botol Minuman
Pompa Udara
Sendok
Garam
Sera Artemix(kista/telur)
Wadah Panen

Berikut tata-cara membudidayakan Artemia.

siapkan botol air mineral ukuran 1 liter dan potong bagian bawah botol. Kemudian gunakan tali untuk gantungan botol. Lubangi tutup botol untuk penempatan selang udara Oxygen.
Siapkan Garam Ikan 1 sendok makan. Garam merupakan sumber makanan dari artemia dan menjadikan kondisi air dalam botol sesuai habitat asli artemia yaitu di laut.
Masukkan Garam 1 atau 2 Sendok makan ke dalam botol.
Siapkan 1 sendok SERA Artemia Mix atau Supreme Plus.
Masukkan SERA Artemia Mix atau Supreme Plus ke dalam botol . SERA merupakan bibit dari artemia yang berwujud kista.
Masukan Air Mineral Bersih pada botol hingga hampir penuh.
Hidupkan mesin pompa udara untuk mensuplai Oxygen pada botol
Biarkan proses itu bekerja selama 24 jam

Setelah 24 jam. matikan mesin pompa udara, dan biarkan air dalam botol diam sekitar 20 menit. Bayi Artemia akan mengendap atau berada di bagian bawah botol.
Saring Artemia yang berwarna orange itu dengan saringan kain yang paling halus (boleh pakai saringan teh), Bilas Artemia dengan air mineral bersih pada saat masih di dalam saringan yang sama sebanyak 2 kali.

Selanjutnya Artemia siap diberikan kepada Larva ikan guppy atau Larva Ikan Hias sebagai pengganti Cacing Sutra yang sulit diperoleh dan sedikit repot dalam pembudidayaannya.

Nah bagai mana kedengarannya mudah bukan?.



semoga bermanfaat.





Sumber: wonzguppy

0 Response to "Cara Mudah Kultur Artemia"

Posting Komentar

Advertisement