Banner adz

Cara Ternak Ikan Oscar

Ikan oscar termasuk kedalam keluarga Cichlid dan memiliki nama latin Astronotus ocellatus ini merupakan ikan hias air tawar yang memiliki warna yang sangat cantik dan unik.

banyak orang telah mencoba membudidayakan ikan oskar, memang agak mirip dengan cara beternak ikan louhan namun ada perbedaan beberapa hal.
ikan oscar ini memilih sendiri pasangannya, oleh karena itu sebaiknya kita Seleksi induk dimulai saat ikan Oscar masih remaja (5 ~ 6 bulan), dengan cara mencampurkan 5 ekor jantan dan 5 ekor betina. Ikan Oscar remaja ini akan mencari pasangannya sendiri-sendiri. Setelah saling berpasangan maka kita pisahkan di bak tersendiri sampai menjadi induk.

Cara membedakan ikan oscar jantan dan ikan oscar betina adalah:

Ikan oscar jantan memiliki panjang badan relatif lebih panjang, dan alat kelamin lebih menonjol.
sedangkan ikan oscar betina apabila telah matang perutnya gendut dan lubang kelamin lebih besar di banding ikan oscar jantan.

Jika sudah maka kita bisa mulai pemijahannya, Sepasang induk Oscar yang telah matang telur dimasukkan ke dalam bak/kolam.
Pada setiap kolom diberi batu ceper yang berwarna gelap dan di atasnya ditutup sebagian besar agar suasana kolom menjadi teduh.
Oscar mengadakan pemijahan siang dan sore hari langsung dibuahi oleh pejantan.
Telur yang berada di atas batu ceper tersebut yang telah dibuahi diangakat dimasukkan ke dalam aquarium untuk ditetaskan. Aquarium  diisi air setinggi 10 cm, untuk telur sepasang induk.
Ke dalam aquarium diberi udara (aerasi) dengan kekuatan lemah.
Selesai 3 hari biasanya telur-telur mulai menetas.

Benih ikan ini sampai berumur 4 hari belum perlu diberi makan, karena masih mempunyai persediaan makanan pada yolk sacknya (kuning telur).
Pada hari ke 5 benih diberi makanan Rotifera atau artemia, sobat bisa coba mengkultur artemia sendiri. Pemberian makanan ini tidak boleh terlambat karena ikan Oscar bersifat kanibal (memangsa sesamanya).
Pada hari ke 10 sudah bisa diberi kutu air yang telah disaring, lebih bagus lagi kalau sobat mengkultur kutu air sendiri karena terjaga kebersihannya.
Setelah berumur 2 minggu benih mulai diberi kutu air tanpa disaring dan mulai dicoba cacing rambut.
Benih sudah dapat dipindahkan ke bak/kolam yang lebih luas setelah berumur 25 hari.

Untuk mendapatkan warna yang indah pada ikan Oscar, pemberian makanan harus mengandung zat kapur (chitine) dimulai sejak kecil, seperti kutu air (Moina), Rotifera, cacing rambut, Artemia, udang rebon atau udang kali.

nah demikianlah tentang cara beternak ikan oscar, selamat mencoba

0 Response to "Cara Ternak Ikan Oscar"

Posting Komentar

Advertisement