Banner adz

Cara Mudah Budidaya Ternak Ikan Sepat Madu

Ikan sepat madu atau guramy madu masih satu keluarga dengan colisa lalia, bentuknya pun hampir mirip, hanya saja ikan sepat madu memiliki warna kuning keemasan seperti madu.

ikan ini sangat bagus di dalam akuarium karena warnanya yang terang seperti emas apalagi jika terkena cahaya lampu akuarium. ikan ini juga tergolong pendamai.


jika sobat tertarik untuk mencoba menernakannya simak terus postingan ini, kita akan bahas cara termudah untuk menernakan ikan sepat madu ini.

oke cara menernakan ikan sepat madu ini tidak jauh berbeda dengan cara menernakan ikan colisa lalia/dwarf gouramy, juga hampir sama dengan menernakan ikan sepat, karena ikan sepat madu ini berkembang biak dengan membuat sarang busa, sama seperti menernakan ikan cupang.

pertama-tama siapkan indukan ikan sepat madu terlebih dahulu. pilihlah indukan ikan sepat madu yang sehat dan besar.
untuk membedakan induk ikan sepat madu jantan dan ikan sepat madu betina sangan mudah.

induk ikan sepat madu jantan memiliki tubuh yang agak panjang dan ramping, serta sirip atas ujung nya lebih lancip, warna pun juga lebih cerah.

sedangkan untuk induk ikan sepat madu betina memiliki tubuh yang membulat, khususnya di bagian perut itu sangat jelas terlihat bulat penuh dengan telur. warna pun agak kusam dan memiliki sirip atas dengan ujung yang membulat.

oke setelah kita sudah menyiapkan indukan ikan sepat madu, sekarang siapkan tempat untuk memijahkannya. bisa berupa akuarium kecil ya, jangan lupa sobat beri tanaman air atau tanaman aquascape untuk sarang ikan sepat madu memijah.

kemudian masukan induk jantan ikan sepat madu sobat dan biarkan beberapa lama, setelah mengenali tempat, sobat masukan indukan betina ikan sepat madu sobat secara perlahan, dan tunggu beberapa hari.

sobat pantau terus tempat memijahnya, dan perhatikan apakah sarang busa sudah terbentuk atau belum, jika sudah, sobat perhatikan juga apakah sudah ada telur atau belum, kalau sarang busa berwarna putih pekat itu artinya ikan sepat madu sobat sudah bertelur.
seperti yang saya sebutkan tadi, cara menernakan ikan sepat madu ini hampir sama dengan menernakan ikan cupang.

oke jika sudah bertelur sobat bisa angkat indukan betina ikan sepat madu sobat dan biarkan indukan jantan sepat madu nya di wadah pemijahan untuk mengerami telur.
sebenarnya tidak masalah sih membiarkan indukan betina ikan sepat madu di dalam wadah pemijahan, karena saya pernah lupa mengangkat indukan betina ikan sepat madu ini dan terlihat anak-anak ikan sepat madu sudah berenang bebas, artinya aman aman saja, namun untuk menghindari telur di mangsa baiknya kita pindahkan saja.

setelah beberapa hari telur ikan sepat madu akan menetas dan menjadi burayak, sobat bisa pindahkan indukan jantan sepat madu nya, setelah kuning telur habis anak ikan sepat madu mulai mencari makan, sobat bisa memberi makan dengan hasil kultur artemia, atau bisa juga dengan hasil kultur kutu air halus.

setelah agak besar bisa sobat berikan jentik nyamuk, jika kesulitan mencari jentiknyamuk sobat bisa mencoba kultur jentik nyamuk sendiri, nah demikianlah cara mudah ternak ikan sepat madu semoga bisa bermanfaat selamat mencoba

0 Response to "Cara Mudah Budidaya Ternak Ikan Sepat Madu"

Posting Komentar

Advertisement