Banner adz

Trik Jitu Cara Ternak Ikan Sumatera

Ikan Sumatera adalah sejenis ikan kecil anggota suku Cyprinidae anak-suku Cyprininae. Nama tersebut adalah nama perdagangannya sebagai ikan hias. Dalam bahasa Inggris, ikan ini dikenal sebagai sumatra barb atau tiger barb. bentuknya hampir-hampir mirip dengan ikan barbir.


untuk membudidayakan ikan sumatera pertama kita harus pilih indukan terlebih dahulu.
cara membedakan induk ikan sumatera jantan dan ikan sumatera betina adalah:

Induk ikan sumatera jantan memiliki tubuh yang agak panjang atau ramping juga memiliki warna yang lebih cerah di banding induk ikan sumatera betina, juga biasanya muncul warna lebih kemerah-merahan.
sedangkan induk ikan betina memiliki bentuk tubuh yang membulat dan warna agak kusam, di bagian perut biasanya terlihat jelas membulat dengan penuh telurnya.

jika sudah di siapkan indukannya maka langkah selanjutnya adalah memijahkan, tekniknya hampir sama dengan memijahkan ikan barbir.

ikan sumatera ini memjiah dengan menebaran telur alias telur berserakan seperti memijahkan ikan zebra.

langsung saja kita siapkan tempat pemijahan bisa berupa akuarium, jangan lupa memasukan tanaman air atau sarang dari tali rapia untuk tempat telur agar terlindungi karena nanti telur akan berserakan.

oke langsung saja masukan induk jantan ke dalam wadah pemijahan, biarkan beradaptasi, kemudian sore hari, masukan indukan betina, biasanya akan memijah malam atau pagi hari, nah siang hari bisa sobat cek deh, kalau sudah ada telurnya segera pisahkan kedua indukan tadi, dan biarkan telur sampai menetas.

jika sudah menetas dan setelah 3 hari, anak ikan sumatera bisa di beri makan kutuair, jika kesulitan mencari kutu air, sobat bisa mencoba menernakan/mengkultur kutu air sendiri.

jika sudah agak besar bisa di beri makan jentik nyamuk, nah demikian lah cara menernakan ikan sumatera dengan mudah.

0 Response to "Trik Jitu Cara Ternak Ikan Sumatera"

Posting Komentar

Advertisement