Banner adz

Cara Ternak Ikan Amandae / Amber Tetra

Amandae merupakan ikan hias yang berasal dari amerika, ikan ini berwarna merah kekuningan dan berenang bergerombol, jadi sangat bagus kalau sobat memelihara di akuarium sobat dalam jumlah yang banyak.

Amandae tetra memiliki nama lain seperti Hyphessobrycon Amandae Alias Ember Tetra, Red Dwarf Tetra, Fire Tetra. Ukuran yang tepat untuk akuarium sekitar min 1 cm, paling besar mungkin 3 cman.

Amandae memiliki ketahanan lebih baik di bandingkan jenis neon tetra, tidak mudah stres, ikan tetra pada umumnya saat stres warnanya akan berubah, paling sering warnanya akan hilang, tetapi saat sudah beradaptasi dengan lingkungan tank akan kembali ke warna aslinya sama dengan ikan amandae saat stres warna akan berubah menjadi bening.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Aligator


nah bagi sobat yang ingin menernakan ikan ini caranya cukup mudah kok, karena hampir sama dengan jenis ikan tetra lainnya, seperti menernakan ikan car tetra.

oke langsung saja sobat siapkan indukan ikan amandae nya. untuk membedakan jantan dan betina ikan amandae cukup mudah.
ikan amandae jantan berwarna lebih cerah, dengan bentuk tubuh yang memanjang. sedangkan induk betina ikan amandae betina berwarna lebih buram dari yang betina dan memiliki bentuk tubuh bulat khususnya di bagian perut.


setelah indukan ikan amandae siap, maka kita siapkan tempat pemijahannya, karena kita akan mencoba cara paling mudah, maka kita coba sepasang saja ya, yang penting ikan sobat bisa beranak dan bertambah banyak.

setelah tempat pemijahan siap, jangan lupa masukan tanaman air atau bisa juga membuat sarang tiruan dari tali rapia agar telur berserakan nanti bisa terlindung dari indukan.

jika sudah siap maka masukan indukan jantan terlebih dahulu, sebenarnya langsung masukan kedua indukan juga tidak apa-apa, cuma saya lebih suka memasukan indukan jantan terlebih dahulu.
kemudian saat sore masukan indukan betina ikan amandae. dan biarkan saja.

ketika pagi ikan akan memijah, kita bisa melihat dari gerak geriknya jika indukan jantan ikan amandae berkejaran dengan indukan betina ikan amandae maka itu sedang memijah, dan coba perhatikan dasar akuarium sobat, pasti ada telur yang berwarna putih transparan.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Silver Dolar


jika sudah selesai memijah maka segera pisahkan kedua indukan ikan amandae dan biarkan telur menetas di akuarium pemijahan tadi.

Setelah telur menetas, anakan ikan amandae masih memiliki cadangan makanan, biarkan saja beberapa hari, sekitar 3 hari cadangan makanan akan habis, kita bisa memberi dengan makanan halus seperti kutu air, jika kesulitan mendapat kutu air, sobat bisa menernakan kutu air sendiri.

setelah agak besar, anakan ikan amandae bisa di beri pakan yang lebih besar seperti jentik nyamuk atau cacing sutera.
nah demikianlah cara mudah ternak ikan amandae yang bisa sobat coba sendiri di rumah, semoga berhasil.

0 Response to "Cara Ternak Ikan Amandae / Amber Tetra"

Posting Komentar

Advertisement