Banner adz

Cara Paling Mudah Ternak Ikan Red Nose

Disebut Ikan Red Nose karena ikan ini memiliki ciri khas berwarna merah pada ujung bagian mulut, ikan red nose  merupakan ikan dari Amerika Selatan, nama Latinnya Hemigrammus bleheri dengan tubuh pipih, panjang dan ramping dengan warna tubuh mengkilap keperakan. Ciri khas ikan ini adalah warna merah disekitar mulutnya sampai sebatas tutup insang.

Ikan rednose ini berenang bergerombol, jika sobat memelihara dalam jumlah banyak dalam akuarium sobat maka kita bisa melihat keindahan ikan ini berenang bergerombol.

postingan kali ini kita akan mencoba menernakan ikan red nose dengan cara yang paling simpel, khusus buat sobat yang sedang belajar beternak ikan.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Parot


oke langsung saja ya, sebelum kita mulai proses mengawinkan ikan red nose, pertama sobat siapkan dulu indukan ikan red nose nya.
bagaimana cara membedakan ikan red nose jantan dan ikan red nose betina?

cara membedakan ikan red nose jantan dan ikan red nose betina yaitu pada ikan red nose jantan memiliki bentuk tubuh yang kecil ramping dan memanjang, sedangkan induk betina ikan red nose memiliki tubuh yang agak besar dan membulat khususnya daerah perut.

Pada ikan red nose jantan, warna ikan terlihat lebih merah dan jelas, dibandingkan dengan betinanya. Pada pangkal ekor terdapat tiga bercak hitam yang berselingan dengan warna putih.

jika sudah siap indukan ikan rednose nya maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan tempat untuk pemijahan, tempat pemijahan ini bisa berupa akuarium atau bak semen atau apalah terserah sobat.
jangan lupa sediakan eceng gondok atau tanaman air lainnya untuk sarana penempelan telurnya nanti, kadang bikin saja dali tali rafia yang di ikat dan di suir-suir.

setelah tempat pemijahan siap maka masukan indukan betina ikan red nose nya, biarkan saja mengenali tempat.
saat sore hari sobat boleh masukan indukan jantan ke tempat pemijahan tadi dan biarkan saja.

Baca Juga: Cara Mudah Ternak Ikan Cherry Barb


biasanya pagi hari ikan akan memijah, jika sobat lihat ikan rednose berkejar-kejaran maka itu sedang memijah, coba cek di tanaman nya apakah terlihat putih telur transparan? jika sobat melihat bulatan bulatan kecil transparan itu adalah telur ikan rednose, biarkan saja,
setelah selesai memijah kira-kira agak siangan sobat boleh angkat kedua indukan ikan rednose nya, atau pindahkan tanaman yang di tempeli telur ke wadah lain, terserah saja gimana enak nya sobat mau angkat indukan atau angkat telur.

jika sudah maka biarkan telur menetas, kira-kira 2 sampai 3 hari telur akan mulai menetas, sobat tak perlu memberi makan dulu karena anakan ikan rednose masih mengandung kuning telur.

biasanya setelah hari ke 3 telur sudah habis, sobat bisa memberi makan dengan kutu air halus atau pelet yg hancur atau terserah sobat mungkin punya pelet ramuan khusus silahkan saja berkreasi sendiri, beri makan sampai besar, setelah besar bisa di beri pakan jentik nyamuk.

nah itulah tadi cara paling mudah ternak ikan rednose, walaupun banyak cara lainnya menurut saya cara ini yang paling mudah, kalau sobat punya cara lain yang lebih mudah silahkan bisa berbagi dengan sobat lainnya agar menjadi ilmu yang bermanfaat.

Baca Juga: Cara Menernakan Ikan Botia


sekian postingan kali ini, temukan juga cara ternak ikan lainnya di blog ini. selamat mencoba semoga berhasil.

1 Response to "Cara Paling Mudah Ternak Ikan Red Nose"

Advertisement