Banner adz

Tips Menyelamatkan Ikan Saat Mati Lampu

Biasanya jika terjadi mati listrik yang sangat lama banyak ikan hias kita yang tewas, nah kali ini saya akan berbagi pengalaman saja bagaimana menyelamatkan ikan saat mati lampu agar tidak banyak ikan kita yang mati.



Berdasarkan pengalaman saja, mungkin sobat punya tips yang lain silahkan di share tidak apa-apa, yang saya posting di sini adalah yang saya alami dan alhamdulillah berhasil terhadap ikan-ikan saya dan tidak banyak mati saat mati listrik panjang.

Tips Menyelamatkan ikan saat mati lampu:

1. Jangan Manjakan Ikan
Biasanya ikan di rumah saya tidak pernah saya manjakan dengan menyalakan full mesin filter atau pompa air, mesin akan saya nyalakan di pagi hari saja, malam nya saya matikan.
atau bisa sebaliknya, sehingga ikan terbiasa saat filter mati.

2. Pastikan Air Bersih
Saat mati listrik sebenarnya ikan bisa bertahan, hanya saja jika kondisi air kotor apalagi di dasar terdapat kotoran atau sisa makanan maka ini akan menjadi racun yang membunuh ikan.
untuk itu pastikan air akuarium sobat dalam keadaan bersih.


Baca Juga: Tips Merawat Moss Agar Tumbuh Maksimal


3. Membuat Pancuran Manual
Jika ikan sobat terlanjur di manja dengan menyalakan full mesin filter atau pompa air, maka saat mati listrik kemungkinan tidak akan bertahan.
coba buat pancuran manual, bisa dengan ember atau wadah lain yg di lubangi di bagian samping bawah, kemudian di isi air penuh, nanti air akan keluar melalui lubang tadi dan lumayan membantu untuk asupan oksigen di kolam atau akuarium sobat.

4. Pindahkan ke Air Baru
Jika sobat melihat ikan sudah mulai megap-megap, mungkin cara ini bisa membantu, segera pindahkan ke wadah lain dg air yang masih segar, saya pernah melihat ikan saya sudah megap-megap nyaris mati, kemudian saya pindahkan ke wadah lain dengan air galon isi ulang, beberapa jam kemudian segar kembali.

Nah demikianlah tadi beberapa tips menyelamatkan ikan saat mati lampu panjang agar ikan kita tidak mati banyak, cara ini adalah berdasar pengalaman saya saja dan terbukti berhasil.
mungkin sobat punya cara lain silahkan bisa berbagi agar bermanfaat untuk semua.

0 Response to "Tips Menyelamatkan Ikan Saat Mati Lampu"

Posting Komentar

Advertisement