Banner adz

Cara Menernakan Ikan Roket Anulatus Killifish

Ikan roket anulatus merupakan ikan yang unik, ikan ini biasa juga di kenal dengan clown panchax atau rocket killifish.
Ikan Roket anulatus datang dari Afrika barat terlebih dari liberia serta guinea. ikan roket killifish memiliki warna yang cerah menarik dengan strip vertikal kuning serta hitam di selama tubuhnya.

Sirip anal serta punggung berwarna sama juga dengan corak di tubuhnya, yang teristimewa yaitu ekornya yang berwarna biru dengan strip merah ( menyerupai warna api roket ). ikan dari family aplocheilidae ini berukuran kecil yaitu lebih kurang 4 cm ( 1, 5 inci ) serta hidup pada situasi lingkungan bersuhu 23 – 250c serta ph 6 – 7, 2. clown killifish berbentuk omnivora terima beragam makanan yaitu daphnia, bloodworm, makanan pellet serta komersil yang lain.

Baca Juga: Cara Jitu Ternak Ikan Lele


Jika sobat memelihara ikan roket anulatus ini dalam akuarium sebaiknya di beri penutup karena ikan ini sering sekali lompat terjun bebas keluar akuarium heheh...
juga sebaiknya menempatkan ikan roket ini dengan ikan lain yang bergerak lambat, jangan di campur dengan ikan yang gerakannya cepat untuk menghindari ikan roket ini stress.

nah untuk menernakan ikan ini sobat perlu menyiapkan indukan ikan roket terlebih dahulu, cara membedakan ikan roket jantan dan ikan roket betina adalah ikan jantan berwarna lebih cerah di banding ikan roket betina, tubuh ikan jantan juga lebih ramping di banding tubuh ikan roket betina.
sama seperti menernakan ikan panchax karena memiliki ciri yang sama dengan ikan roket ini.

Setelah sobat menyiapkan indukan ikan roket, kemudian siapkan tempat pemijahan, tempat pemijahan bisa berupa akuarium yang sudah di beri tanaman air atau substrat buatan misal dari tali rafia untuk menempelkan telur ikan roket ini.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Lemon


jika sudah maka sobat bisa memasukan indukan ikan roket ini ke dalam wadah pemijahan, ikan roket  ini bisa memijah sepanjang hari tak kenal waktu, jika ikan ini memijah dengan ciri ikan jantan akan menempelkan perutnya ke ikan betina.
kemudian sobat perhatikan di substrat tersebut sudah ada telur menempel atau belum, jika sudah sobat bisa mengangkat telur tadi untuk di tetaskan di wadah penetasan.

biarkan saja telur akan menetas setelah beberapa hari. setelah telur menetas anakan ikan roket belum perlu di beri makan, setelah 2 atau 3 hari baru bisa kita kasih kutu air halus atau artemia.

beri makan seperlu nya jangan lupa mengganti air khususnya sedot saja bagian bawah yang kotor, sobat tidak perlu mengganti air semua nya.

Baca Juga: Cara Mudah Kultur Artemia


setelah agak besar sobat bisa memberi makan dengan jentik nyamuk.
nah demikianlah tadi cara beternak ikan roket anulatus, silahkan sobat coba sendiri dan semoga berhasil.

0 Response to "Cara Menernakan Ikan Roket Anulatus Killifish "

Posting Komentar

Advertisement