Banner adz

Cara Ternak Ikan Rasbora Galaxy

Ikan yang memiliki corak indah ini banyak di suka penghobi ikan hias, karena warnanya yang unik juga sifatnya yg gesit dan lincah di dalam akuarium.
Danio mararitatus atau Galaxy Rasbora biasa dikenal dengan Celestrial Pearl Danio merupakan ikan cyprinidae kecil yang berasal Myanmar tepatnya di danau Inle. Ikan ini sangat mini dengan panjang standar 1,5 – 2 cm.

Tubuh ikan ini ditaburi dengan banyak titik – titik mutiara kecil dengan warna sirip yang strip hitam - merah.
Sobat bisa mendapatkan ikan ini di toko ikan hias terdekat, harga nya cukup murah ada yg jual mulai dari 2 ribu per ekor.

Baca Juga: Cara Mudah Ternak Ikan Malabar Danio


Untuk sobat yang ingin menernakan ikan ini, caranya cukup mudah saja, sama seperti menernakan ikan danio lainnya, yuuk kita coba.
Pertama siapkan indukan ikan rasbora galaxy sobat. cara membedakan indukan jantan dan betina ikan rasbora galaxy adalah induk jantan rasbora galaxy mempunyai warna background tubuh biru cerah (sedangkan induk betina rasbora galaxy cenderung biru – hijau pucat) dengan tubuh yang biasanya berukuran lebih besar dibanding betina.

kemudian jangan lupa siapkan tempat pemijahan bisa berupa akuarium atau bak plastik terserah bebas saja.
jangan lupa masukan tanaman air atau substrat buatan untuk melindungi telur agar tidak di mangsa indukan rasbora galaxy nanti.

Jika sudah, masukan indukan jantan terlebih dahulu, sebenarnya bisa saja sih langsung masukan kedua indukan ikan rasbora galaxy ke wadah pemijahan, namun saya lebih suka memasukan indukan jantan dulu, dan biarkan beradaptasi.
kemudian saat sore boleh masukan indukan betina ikan rasbora galaxy ke wadah pemijahan.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Glasfinn


indukan ikan rasbora galaxy akan berkejaran, di pagi hari sobat cek di antara substrat atau tanaman air apakah ada telur berserakan atau menempel? jika sobat melihat bulatan putih-putih di substrat dan tanaman air tadi maka segera sobat pisahkan indukan rasbora galaxy tersebut ke tempat lain, dan biarkan saja telur rasbora galaxy menetas di wadah pemijahan tadi.

biasanya sekitar 2 hari telur sudah menetas dan terlihat anakan ikan rasbora galaxy berenang atau menempel di kaca, jangan di beri makan dulu karena masih mengandung telur di perutnya. selang 2 atau 3 hari biasanya persediaan telur akan habis.
setelah anakan ikan rasbora galaxy berenang kesana kemari, sobat bisa memberi makan dengan makanan halus seperti kutu air halus atau artemia. jika sobat kesulitan mencari kutu air di alam, sobat bisa mencoba mengkultur sendiri kutu air, atau bisa juga mengkultur sendiri artemia.

jika sudah agak besar sobat bisa memberi jentik nyamuk, tahukah sobat kalau sobat bisa mengkultur jentik nyamuk di rumah loh. simak di blog ini bagaimana caranya.

nah berimakan terus anakan ikan rasbora galaxy sobat, jangan lupa mengganti air secara berkala agar ikan sehat dan terhindar dari kematian.

Baca Juga: Cara simpel ternak ikan Sumatra


oke itulah tadi bagaimana cara beternak ikan rasbora galaxy dengan mudah, silahkan sobat coba sendiri di rumah ya semoga berhasil.

0 Response to "Cara Ternak Ikan Rasbora Galaxy"

Posting Komentar

Advertisement