Banner adz

Mudahnya Ternak Ikan Julung-julung (Ikan cucut)

buat sobat yang masa kecilnya suka main di sawah pasti kenal ikan yang satu ini, ikan cucut atau ikan julung-julung biasa di sebutnya.
ikan ini biasa kita temukan di sungai, sawah atau perairan lainnya. ikan julung-julung memiliki bentuk mulut yang runcing dan tubuh yang memanjang  mirip ikan aligator.

Ikan julung-julung termasuk ikan herbivor, makanannya berupa algae, partikel-partikel kecil vegetasi lain yang besarnya disesuaikan dengan bentuk mulutnya yang kecil. Meskipun tergolong herbivora, bahan-bahan kering yang terdapat di permukaan dan serangga-serangga kecil seperti lalat buah, nyamuk, sangat di sukainya. Hewan-hewan itu ditangkap sewaktu berenang di sepanjang permukaan air dimana ia tinggal.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Roket Anulatus


Ikan ini merupakan ikan hias yang sangat menarik bila dipelihara dalam akuarium, karena ukuran tubuh yang tidak besar, warna bervariasi dan bentuk yang unik. Ikan yang berasal dari Pulau Jawa pada bagian sisi atasnya berwarna coklat muda sampai ke hijau olive dan ada juga yang berwarna keperak-perakan. Ada juga ikan julung-julung yang berwarna biru cermelang dan memantulkan sinar bila terkena cahaya.

Untuk menernakannya sangat mudah ternyata, buat sobat yang baru belajar menernakan ikan maka jika mencoba menernakan ikan julung-julung ini pasti akan bisa, karena mudah sekali menernakan ikan julung-julung ini sama mudah nya dengan menernakan ikan guppy atau menernakan ikan molly

Oke untuk menernakan ikan julung-julung ini pertama sobat siapkan dulu indukan ikan julung-julung nya ya. kalau di toko ikan hias tidak ada yang menjual, sobat bisa mencari sendiri di alam, sambil mengenang masa kecil hehehe...

Baca Juga: Cara Mudah Ternak Ikan Rasbora Galaxy


untuk membedakan ikan julung-julung jantan dan ikan julung-julung betina caranya cukup mudah sob. kalau ikan julung-julung jantan memiliki tubuh yang kecil dan ramping, sedangkan ikan julung-julung betina memiliki tubuh yang besar dan perut yang membuncit.

nah kalau sobat sudah memiliki ikan julung-julung jantan dan betina selanjutnya masukan ke dalam wadah pemijahan bisa berupa akuarium atau kolam atau bak plastik terserah sobat, jangan lupa masukan juga tanaman air yang rimbun untuk bersembunyi anakan ikan julung-julung saat lahir nanti agar tidak di mangsa indukan nya ya karena ikan ini berkembang biak dengan sistem ovoviviparus.

jika sudah maka biarkan saja kedua indukan ikan julung-julung ini di dalam wadah pemijahan, mereka akan memijah dan jika sudah waktunya maka ikan julung-julung betina akan mengeluarkan anakan ikan julung-julung satu persatu.
sobat bisa lihat jika di antara tanaman air ada anakan ikan julung-julung yang berenang lemah sambil menempel ke rimbunan akar, itu artinya ikan sedang beranak, tunggu sampai indukan betina ikan julung-julung selesai mengeluarkan semua anakannya maka sobat bisa angkat kedua indukan ikan julung-julung tadi ke tempat lain.

Baca Juga: Ternak Ikan Kuhli Loach


atau bisa juga kalau sobat rajin, saat indukan betina ikan julung-julung mengeluarkan anaknya satu persatu langsung sobat ambil dan pindahkan ke tempat lain, agar tidak di mangsa oleh indukan nya.

jangka waktu dari mulai memijahkan sampai indukan mengeluarkan anaknya bisa sekitar 4 minggu.
jadi sobat harus sabar ya, heheh...

nah demikianlah tadi tentang cara menernakan ikan julung-julung dengan mudah, semoga berhasil ya, nantikan postingan berikutnya. sampai jumpa.


0 Response to "Mudahnya Ternak Ikan Julung-julung (Ikan cucut)"

Posting Komentar

Advertisement