Banner adz

Cara Ternak Ikan Red Eye Tetra

Ikan Red Eye tetra, dari namanya saja sudah terbayang oleh kita, ikan tetra yang memiliki warna merah.

ya benar, memang begitulah kenapa ia di sebut red eye tetra. ikan red eye tetra merupakan ikan yang cukup populer, ikan red eye tetra memiliki warna putih ke perakan dengan sedikit warna hitam pada pangkal ekor nya, kadang terlihat garis hijau dari mata ke ekor pada sepanjang tubuhnya, dan yang paling khas adalah warna merah pada matanya.

ikan red eye merupakan ikan omnifora, ikan ini memakan segalanya, pelet, cacing, serangga, jentik nyamuk bahkan bangkai ikan yg mati pun bisa dia makan juga.
sobat perlu memikirkan juga untuk mencampurkan dengan ikan lain ya, karena ikan red eye tetra ini kadang agresif suka menyerang ikan lain.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Sumatera


jika sobat memelihara nya di akuarium sobat dan mencoba untuk menernakan ikan red eye tetra ini, cara menernakan ikan red eye tetra ini sebenarnya hampir mirip dengan cara menernakan ikan penguin tetra atau jenis ikan tetra lainnya.

sekarang kita bisa coba menernakan ikan red eye tetra ini dengan cara yang mudah alias pemula.
oke sobat siapkan saja dulu indukan ikan red eye tetra ini, untuk membedakan jantan dan betina ikan red eye tetra ini cara termudahnya yaitu untuk ikan jantan red eye tetra terlihat dari bentuk tubuhnya yang ramping, sedangkan pada induk betina ikan red eye tetra memiliki tubuh yang besar dan membulat di bagian perut nya.

nah jika sobat sudah siap kedua indukan ikan red eye tetra ini selanjutnya siapkan wadah pemijahannya, bisa berupa akuarium atau bak plastik, atau bak semen juga bisa.
jangan lupa untuk menyiapkan tanaman air untuk tempat telur ikan red eye tetra agar tidak di mangsa indukan.

kemudian sobat masukan indukan jantan ke wadah pemijahan dan biarkan saja beradaptasi dulu, setelah agak lama selang 1 hari sobat bisa masukan indukan betinanya, sebenarnya sih langsung memasukan ke dua indukan ikan red eye tetra ke dalam wadah tidak apa-apa, namun saya lebih suka dengan cara memasukan indukan jantan terlebih dahulu karena lebih cepat memijahnya.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Sepat Madu


ikan red eye tetra yang sedang memijah terlihat dari jantan yang mengejar-ngejar ikan red eye tetra betina dan saat di rimbun nya tanaman air mereka akan melepaskan telur, nah jika sobat sudah melihat bulatan putih transparan di rimbunan tanaman air berarti ikan sudah memijah.

jika ikan red eye tetra sudah memijah, sobat bisa pisahkan ke dua indukan ke tempat lain, dan biarkan telur ikan red eye tetra menetas di sana.

setelah 2 atau 3 hari telur akan menetas dan untuk anakan ikan red eye tetra ini sobat bisa memberi makan berupa kutu air halus, sobat bisa mencoba menernakan kutu air sendiri.
jangan lupa untuk mengganti air secara berkala agar anakan ikan red eye tetra sehat.

nah demikianlah tadi tentang cara simple ternak ikan red eye tetra, silahkan di coba dan kembangkan dengan teknik masing-masing, selamat mencoba semoga berhasil.

1 Response to "Cara Ternak Ikan Red Eye Tetra"

Advertisement