Banner adz

Mudah Banget Ternak Ikan Platy Santa Claus

Ikan Platy Santa claus merupakan ikan yang mudah untuk di kembang biakan, namun sebelum kita mulai mengembangbiakan ikan platy santa claus baiknya kita kenalan dulu dengan ikan platy santa claus ini.

kenapa sih di sebut ikan  platy santa claus? nah kalau sobat melihat dari bentuk dan corak warna nya maka pantas lah kalau ikan ini di sebut ikan platy santa claus.

ya karena warna dari ikan platy santa clause adalah merah dan putih seperti warna santa clause, ikan platy santa clause sama seperti ikan platy lainnya, mereka memakan segalanya, bentuk tubuhnya pun sama dengan ikan platy yang lain.

ikan platy santa clause juga aman di campur dengan ikan lainnya, namun kadang suka kedapatan ada beberapa ikan platy santa clause yang nakal, suka mengejar-ngejar dan menggigit ekor ikan maskoki, jadi kalau sobat punya ikan maskoki yang buntut nya somplak ya coba saja mungkin si ikan platy santa clause ini tersangka nya, heheh...

nah untuk mengembangbiakan ikan platy santa clause cukup mudah, sama juga dengan cara beternak ikan plati pedang yang sudah di bahas di blog ini.

oke langsung saja kita coba ya, pertama sobat siapkan dulu indukan ikan platy santa clause nya, nah cara membedakan ikan jantan dan ikan betina platy santa clause adalah ikan jantan platy santa clause memiliki tubuh yang ramping, kadang di bagian ekor nya terdapat pedang (ekor yg runcing memanjang seperti pedang) dan di sirip bagian ekor berbentuk lancip atau runcing.

Baca Juga: Ternak Ikan Buntal Air Tawar


sedangkan untuk membedakan ikan betina platy santa clause yaitu tubuhnya agak besar dan perut yang membulat, pada sirip ekor berbentuk segitiga tidak runcing seperti ikan jantan platy santa clause.

nah jika sobat sudah bisa membedakan ikan jantan dan betina platy santa clause selanjutnya tinggal siapkan saja tempat pemijahan, bisa berupa akuarium atau bak semen atau apapun lah, sebenarnya sobat bisa saja mencampurkan ikan platy santa clause ini di tank sobat dengan ikan lainnya,

ikan platy santa clause akan memijah dengan sendiri nya secara alami, nah jika sobat melihat ikan betina platy santa clause ini sudah membesar maka sobat pisahkan saja ke wadah lain, dan biarkan saja ikan ini mengeluarkan anaknya.

ikan betina platy santa clause yang sudah besar perutnya bisa sobat pisahkan ke tempat lain meskipun tanpa indukan jantan ikan platy santa clause, karena sudah tertanam benih di perut indukan betina nya maka bisa beranak meskipun tanpa jantan.

oke setelah ikan betina platy santa clause beranak, sobat bisa angkat kembali ikan betina nya dan campurkan lagi ke pejantan agar bisa memijah lagi.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Severum


rawat anakan ikan platy santa clause dengan penuh perhatian, beri makan halus berupa pelet atau kutu air, dan jangan lupa mengganti air beberapa pekan sekali ya agar anakan ikan platy santa clause sobat sehat dan cepat besar.

nah demikianlah tadi cara mudah ternak ikan platy santa clause, mudah bukan? silahkan di coba di rumah masing-masing. selamat mencoba dan semoga berhasil.

1 Response to "Mudah Banget Ternak Ikan Platy Santa Claus"

Advertisement