Banner adz

Waspada Jika Melihat Ikan ini, Pertanda Gempa Besar Akan Datang

Ikan Oar fish, merupakan ikan yang tinggal di dasar laut, dalam artian ikan oarfish jarang sekali muncul ke permukaan air jika tidak ada hal yang mengharuskan ia muncul.

Nah kemunculan ikan oarfish sering di kaitkan dengan gempa bumi dahsyat bahkan tsunami.
Hal tersebut sangat masuk akal, karena sebagai makhluk yang tinggal di dasar, ikan oarfish pasti merasakan pergerakan lempeng bumi sehingga menjadi gelisah.

Kemunculan ikan oarfish ke permukaan pun dianggap sebagai penyampai pesan pada manusia, bahwa akan ada bencana yang akan menerjang mereka.

Contoh ketika Palu di guncang gempa, sebelumnya telah di temukan ikan oarfish ini di perairan majene, sulbar.
Nyatanya, Palu di landa gempa besar serta hantaman tsunami yang membuatnya rata dengan tanah.

Baca Juga: Inilah ikan pemakan manusia


Juga di gempa Jepang pada Tahun 2011, sebelumnya telah di temukan sekelompok  ikan oarfish yang terdampar di pantai dan tersangkut di jaring nelayan, setelahnya negeri sakura ini porak poranda akibat gempa 9,0 SR gempa di sertai gelombang tsunami setinggi 10 meter.

Hal yang sama juga pernah terjadi di Filipina tahun 2017, ikan Oarfish di temukan di pantai wilayah kepulauan Mindanao.
Dua hari usai ikan Oarfish di temukan, gempa 6,7 SR menghantam kawasan tersebut.

The Telegraph juga pernah memuat artikel tentang oarfish yang muncul ke permukaan sebelum terjadi gempa besar di Chile dan Haiti pada 2010 silam.

Menurut penelitian ikan oarfish hidup di Zona pelagik yang merupakan kawasan laut dengan rerata kedalaman 3,68 km hingga maksimum 11 km dan terbagi menjadi lima sub-zona. Lima sub-zona itu adalah epipelagik (0-200 m), mesopelagik (200-1.000 m), batipelagik (1.000-4.000 m), abisopelagik (4.000-dasar laut), dan hadopelagik (dasar laut).

Karena biasa hidup di lautan dalam, oarfish menjadi salah satu ikan yang sulit ditangkap dan membuatnya menjadi sulit diteliti. Hanya ada sejumlah penangkapan dan penampakan yang dilaporkan tentang oarfish.

Diduga, karena biasa hidup di perairan dasar laut yang dekat dengan lempeng Bumi, oarfish 'sensitif' terhadap aktivitas yang mampu memicu datangnya gempa.

Namun, para ilmuwan masih skeptis dengan anggapan bahwa oarfish adalah pertanda gempa.

Baca Juga: Sembuhkan Diabetes dengan lendir ikan lele


"Mungkin itu hanya kebetulan belaka," kata Rick Feeney, dari Natural History Museum of Los Angeles County,
Apalagi, tambah dia, empat penampakan oarfish telah dilaporkan sejak 2010 dari selatan Central Coast, termasuk Malibu pada 2010 dan Lompoc pada 2011.

"Kami pikir, ikan-ikan itu terdampar di pantai dan mati karena mengalami tekanan tertentu, yang belum kita pahami," kata Feeney, menambahkan oarfish bisa jadi kelaparan atau mengalami disorientasi.

Nah bagaimana menurut sobat? yang jelas semua kejadian pasti ada hikmahnya, kita ambil yang positif nya saja dan berdoa mohon perlindungan kepada Tuhan YME apabila ikan ini muncul ke permukaan.

0 Response to "Waspada Jika Melihat Ikan ini, Pertanda Gempa Besar Akan Datang"

Posting Komentar

Advertisement