Banner adz

Ternak Ikan Kuhli Loach

Ikan kuhli loach adalah ikan yang unik, dikenal juga dengan sebutan coolie loach, ikan kuhli loach banyak ditemukan di Asia Tenggara; Sumatra, Singapura, Malaysia barat, Jawa, Kalimantan, dan Thailand. Ikan ini hidup di bagian sungai hutan yang dangkal dan arus lamban, atau habitat tenang lainnya seperti rawa dengan dasar berlumpur lembut dan banyak daun yang jatuh di air. Ikan ini lebih suka hidup dalam kelompok kecil.

Ikan kuhli loach memiliki bentuk panjang seperti ular atau belut, namun memiliki corak yang unik belang-belang kuning dan hitam, juga terdapat sungut atau kumis di mulutnya.
Ikan kuhli loach ini Bisa tumbuh hingga 10 cm dan bisa hidup sampai sekitar 10 tahun.

Baca Juga: Cara Mudah Ternak Ikan Red Nose


Ikan kuhli loach merupakan ikan pendamai, jarang sekali di temukan ikan ini memangsa ikan lain yang lebih kecil, ikan Kuhli loach adalah omnivora dan di alam liar umumnya memakan makanan berupa tanaman dan hewan. Dalam kondisi peliharaan, ia menerima semua jenis makanan kecil dan makanan beku dan makanan berbasis daging seperti cacing Tubifex, udang kecil, larva nyamuk, Artemia, cacing darah, cacing mikro, cacing grindal dan Daphnia. Mereka juga menyukai makanan pellet dan tablet yang tenggelam, serpihan dan sedikit makanan nabati seperti wafer alga.

Ikan kuhli loach berkembang biak dengan cara bertelur dan sulit untuk berkembang biak di akuarium rumah, namun tak ada salahnya kita coba untuk mengembang biakan ikan kuhli loach ini.

untuk mengembang biakan ikan kuhli loach pertama kita siapkan dahulu indukan ikan kuhli loach nya, jadi sobat harus tau dulu dan bisa membedakan antara indukan jantan ikan kuhli loach dan indukan betina ikan kuhli loach nya.

cara membedakan antara jantan dan betina ikan kuhli loach cukup mudah, Induk Betina dewasa ikan kuhli loach biasanya bertubuh lebih berat dan sedikit lebih besar dari pada induk jantan ikan kuhli loach.
Pada indukan Jantan ikan kuhli loach, sirip dada terlihat lebih besar dan lebih berbentuk seperti dayung dengan garis dada yang bercabang dan menebal.
Selama musim pemijahan di tempat memijah, perut induk betina ikan kuhli loach berwarna kehijauan.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Parrot


Setelah siap indukan ikan kuhli loach, masukan kedua indukan kuhli loach nya ke dalam wadah pemijahan bisa berupa akuarium, jangan lupa memberikan tempat bersembunyi seperti tanaman air yang banyak akarnya, karena ikan kuhli loach ini berkembang biak dengan bertelur.

Setelah beberapa hari ikan kuhli loach akan memijah dan bertelur, jika sobat melihat telur di akar-akar tanaman maka segera pisahkan indukan ikan kuhli loachnya dan biarkan telur menetas di wadah pemijahan tersebut.

selang beberapa hari akan terlihat burayak ikan kuhli loach, sobat belum perlu memberi makan karena anakan ikan kuhli loach masih mengandung kuning telur di perutnya, setelah 2 atau 3 hari barulah sobat bisa memberikan makan kepada anakan ikan kuhli loach tersebut.

Baca Juga: Cara Mudah Ternak Ikan Chery Barb


nah demikianlah tadi cara mengembangbiakan ikan kuhli loach, semoga ikan sobat bertambah banyak ya, simak juga cara beternak ikan lainnya di blog ini.
sampai berjumpa di postingan berikutnya, semoga berhasil

0 Response to "Ternak Ikan Kuhli Loach"

Posting Komentar

Advertisement