Banner adz

Cara Mengobati Penyakit Berak Putih Pada Ikan

Berak Putih merupakan penyakit ikan hias yang cukup mematikan, karena hampir 80% ikan yang terserang penyakit berak putih di pastikan berujung kematian jika tak segera di tangani.

lalu bagaimana cara mengobati penyakit berak putih pada ikan kesayangan kita?



melihat ikan kesayangan kita terserang penyakit tentunya membuat hati kita bersedih bukan?
apalagi kalau ikan kita terserang penyakit berak putih.

tentunya kita akan mencari cara bagaimana mengobati penyakit ikan berak putih pada ikan dari berbagai sumber.

nah di postingan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengobati penyakit berak putih pada ikan agar ikan kita sembuh dari penyakit berak putih.

Baca Juga: Cara Mengobati Penyakit Bintik Putih Pada Ikan Hias


Berak normal pada ikan umumnya berwarna kecoklatan dan tenggelam, namun jika ikan kita terkena penyakit berak putih inikotorannya justru mengambang dan berwarna putih, karena banyaknya kandungan gas.

Serangan penyakit ini akan menyebabkan ikan mati dalam beberapa hari, bahkan dapat menyebabkan kematian masal apabila tidak segera ditanggulangi. Penyakit ini disebabkan berbagai bakteri, salah satunya dari genus Vibrio, yang menyerang organ dalam ikan.

Penyakit berak putih pada ikan disebabkan oleh parasit hexamita, parasit ini memang bawaan dari ikan sendiri. Jika keberadaannya sedikit masih bisa ditoleransi maka ikan akan baik-baik saja, tetapi jika parasit ini semakin banyak maka akan menimbulkan gajala pada ikan.



Gejala ikan yang terkena berak putih biasanya nafsu makan berkurang, warna ikan menghitam, perut menjadi kembung, badan kurus, jika sudah parah biasanya disertai dengan lubang di jenong/kepala (hole in the head), dan tentu saja kotoran atau beraknya berwarna putih (terkadang mengambang).

Semua ikan hias beresiko terkena penyakit berak putih, tidak ada ikan yang kebal.
Penyebab ikan terkena penyakit berak putih bermacam-macam, mulai dari air yang kurang bersih, pakan yang kurang bersih dan membawa parasit, kondisi ikan sedang lemah.


Baca Juga: Cara Ampuh Mengobati Penyakit Sisik Nanas Pada Ikan cupang


Jika ikan sudah terlanjur terkena berak putih maka ada bebebrapa terapi yang bisa kita lakukan, berikut beberapa diantaranya yang bisa kita lakukan untuk mengobati penyakit berak putih pada ikan.

cara mengobati penyakit berak putih pada ikan Saat dalam pengobatan air yang digunakan sebaiknya air yang dicampur sedikit garam, karena air dengan garam bisa membantu penyembuhan dengan menyeimbangkan tekanan osmosis pada ikan.

kemudian juga bisa dengan cara seperti berikut

1. Menggunakan obat “clear”
Cara mengobati penyakit berak putih yang umum dikenal biasanya dengan menggunakan obat “clear”. Obat ini memang khusus untuk ikan yang terkena penyakit berput. Cara penggunaan clear pada ikan adalah dengan cara oral, memasukkan obat pada ikan dengan cara dispet dengan suntikan. Baca aturan pakai  di kemasannya juga ada.

2. Menggunakan EM4
Seperti yang kita ketahui penyebab berak putih yaitu bakteri atau parasit dan EM4 merupakan kumpulan bakteri baik (probiotik) yang menguntungkan yang bisa “menekan” bakteri jahat.


Cara pengobatannya yaitu ikan dipindahkan pada wadah yang terpisah dari ikan lain, isi air 2-3 kali tinggi ikan, pasang heater, boleh pake filter boleh tidak, campurkan EM4 perikanan pada air sampai sedikit kekuningan (jangan kebanyakan), lalu masukkan ikannya.

Baca Juga: Tips Mengatasi Jamur Pada Ikan Hias



Tunggu sampai 1 hari, ikan tidak usah diberi makan, diberi makan pun sepertinya ikan tidak akan makan karena memang nafsu makan berkurang. puasakan dulu agar tidak memberatkan metabolisme. Untuk hasil yang lebih cepat bisa juga dengan spet EM4 pada ikan secara langsung pada mulut ikan (lakukan seperti pada obat clear).

Jika ikan sudah terlihat lebih segar coba pindahkan pada tank aquarium tunggu sampai lapar dan beri makan pelet yang telah direndam EM4 sebelumnya. Beri makan sedikit saja, jika ikan membaik maka air bisa diganti dan ikan dirawat seperti semula.

3. Dengan bawang putih
Pada bawang putih terdapat senyawa alisin yang merupakan anti bakteri alami yang bermanfaat untuk mengontrol jumlah bakteri berbahaya dalam tank.

Cara pemberiannya cukup mudah, geprek bawang putih lalu taruh di filter. Berikan 1-2 siung untuk ukuran tank 1mx40x40, dibawah itu cukup 1 siung saja. Jika kebanyakan dan air bau bawang putih ikan akan seperti mabok hehe.

Baca Juga: Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang


Bawang putih ini kalo menurut saya lebih baik digunakan untuk pencegahan atau pengobatan pada ikan yang masih belum parah. Jika ikan sobat sudah terkena penyakit berak putih sudah parah bawang putih kurang efektif menurut saya.

4. Menggunakan metronidazole + ciprofloxacin
Tempatkan ikan pada tank perawatan, berikan 1 tablet metronidazole dan 1 tablet ciprofloxacin ini untuk ukuran tank 40x40x40 ya.

Masukkan ikan tunggu dan puasakan ikan terlebih dahulu, jika ikan membaik maka segera tempatkan pada tank seperti sebelumnya lalu beri makan sedikit saja.

Menggunakan obat ini beberapa teman banyak yang mengeluhkan karena lama prosesnya dan banyak yang tidak memperlihatkan hasil yang baik. Mungkin berbeda-beda yah hasilnya setiap ikan.

demikian lah cara cara yang di gunakan untuk mengobati penyakit berak putih pada ikan, agar ikan kesayangan kita bisa sembuh dan sehat dari penyakit berak putih.

sebenarnya masih banyak cara mengobati penyakit berak putih pada ikan namun hanya 4 saja yang bisa kami bahas, kalau sobat punya cara mengobati penyakit berak putih pada ikan yang lebih manjur bisa tulis di kolom komentar, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi sobat lainnya yang ikannya terkena penyakit berak putih.

cukup sekian postingan kali ini tentang cara mengobati penyakit berak putih pada ikan, sampai jumpa di postingan selanjutnya.

0 Response to "Cara Mengobati Penyakit Berak Putih Pada Ikan"

Posting Komentar

Advertisement