Banner adz

Cara Ternak Ikan Chinese Alga Eater (CAE)

Ikan Cae atau ikan chinese algae eater merupakan ikan yang banyak di pelihara untuk tujuan membersihkan lumut atau alga di dalam akuarium. dari namanya saja sudah bisa kita simpulkan, ikan cae atau ikan chinese algae eater yaitu ikan pemakan alga.

Ikan ini ditemukan di lembah Chao Phraya, Semenanjung Melayu bagian utara, Mekong di Kamboja, provinsi Yunnan di China, Laos, dan Thailand, baskom Mae Klong dan Sungai Xe Bang Fai.
Mereka menghuni badan air berukuran besar dan sedang seperti danau dan sungai dan kadang-kadang memasuki daerah banjir.
Mereka sering ditemukan di perairan sungai berarus dan anak sungai yang dangkal dan terbuka yang terkena sinar matahari. Mereka juga bermigrasi ke perairan yang lebih dalam tergantung pada musimnya. Ikan ini menghabiskan sebagian besar waktunya di permukaan datar seperti batu.

Baca Juga: Cara Mudah Ternak Ikan Julung-julung (ikan Cucut)


Jika sobat memelihara ikan cae dalam akuarium maka jangan lupa untuk menempatkan juga dengan banyak tanaman, batu dan kayu apung agar alga bisa tumbuh sebagai pakan alami ikan cae ini.

Ikan cae ini lebih menyukai tank mature dengan banyak tempat persembunyian. Tangki sobat harus memiliki daerah yang teduh karena ikan cae atau ikan chinese algae eater ini cenderung ingin  menghindari cahaya terang.

Ikan cae atau ikan chinese algae eater lebih menyukai arus kuat dengan air dengan kadar oksigen tinggi.
ikan cae atau ikan chinese algae eater tidak boleh dipelihara dengan ikan yang lebih kecil seperti ikan Neon Tetras atau ikan yang bergerak lambat seperti Angelfish dan Discus.

Ikan cae atau ikan chinese algae eater tidak boleh dipelihara dengan Goldfish. Ikan cae atau ikan chinese algae eater hidup dengan baik pada ikan semi agresif seperti ikan jenis Cichlids.

Ikan CAE terkadang bisa melompat keluar dari tangki sehingga sobat membutuhkan kap yang bagus untuk mencegah lompatan.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Kuhli Loach


Ikan cae atau ikan chinese algae eater lebih menyukai kimia air yang baik dengan pH 6,5-7,7, kekerasan air 8 sampai 12°dKH dan suhu 75-80°F. 25 - 50% air tangki harus diganti setidaknya sebulan sekali. Jika tangki yang padat stok 20-25% harus diganti mingguan atau 2 minggu sekali.

Ikan cae atau ikan chinese algae eater ini berkembang biak dengan bertelur. namun saat ini Ikan cae atau ikan chinese algae eater ini masih dibantu perkembang biakannya dengan suntikan hormon ovaprim.

Untuk membedakan Ikan cae atau ikan chinese algae eater jantan dan beetina agak sulit. Ikan cae atau ikan chinese algae eater jantan biasanya terdapat banyak duri di sekitar mulut di banding Ikan cae atau ikan chinese algae eater betina.
Ikan cae atau ikan chinese algae eater betina juga memiliki bentuk tubuh agak besar dibanding Ikan cae atau ikan chinese algae eater jantan yang tubuhnya ramping.

ikan cae atau ikan chinese algae eater yang sudah dewasa dan diperkirakan siap memijah bisa disuntik dengan hormon ovaprim dengan dosis 0,3ml/kg berat ikan

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Cherry Barb


penyuntikan di lakukan didekat sirip punggung, penyuntikan ikan jantan dan betina dapat dilakukan secara massal terhadap beberapa ikan cae atau ikan chinese algae eater sekaligus penyuntikan biasanya dilakukan di siang hari, dan diharapkan ikan cae atau ikan chinese algae eater akan mengeluarkan telurnya dimalam hari

hal ini dilakukan karena mengangkat telurnya sebaiknya dimalam hari untuk mengurangi tingkat stresss ikan dan pengaruh suhu

ikan cae atau ikan chinese algae eater yg sudah disuntik dimasukkkan di kolam atau aquarium berukuran 100x50x40cm dengan kepadatan 2 pasang indukan
telur akan menetas sekitar 24 jam kemudian setelah 3-4 hari benih akan berenang bebas dan mulai dapat diberikan berupa cacahan cacing sutra

untuk pembesaran benih ikan cae atau ikan chinese algae eater,
benih yang sudah berusia 1 minggu diberi pakan cacing sutra atau kutu air selama pemeliharaan kualitas air harus diajaga suhu berkisar 24-27 derajat celcius dan ph netral
penyiponan dilakukan secara rutin dan hati hati supaya anak ikan cae atau ikan chinese algae eater tidak tersedot

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Silver Dollar


budidaya ikan cae atau ikan chinese algae eater ini memiliki fase kritis mulai dari penyuntikan penetasan dan pemeliharaan benih sampai pada bulan pertama stelah berusaha sekitar 3-4 kali.

nah demikian lah tadi sebuah informasi mengenai bagaimana cara beternak ikan cae atau ikan chinese algae eater, semoga bisa bermanfaat untuk sobat praktekan, semoga berhasil.

0 Response to "Cara Ternak Ikan Chinese Alga Eater (CAE)"

Posting Komentar

Advertisement