Banner adz

Cara Membasmi Alga di Aquascape

Alga secara pengertian adalah organisme yang secara morfologis sederhana, yang mengandung klorofil dengan ukuran yang berkisar dari mikroskopis dan uniseluler (bersel tunggal) sampai sangat besar dan multiseluler. Alga mempunyai tubuh yang relatif tidak mengalami diferensiasi dan tidak ada akar atau daun sejati.

Untuk sobat yang memelihara ikan di aquarium, kehadiran alga secara berlebihan tentunya sangat mengganggu pemandangan ya, dan bisa mengganggu pertumbuhan tanaman.
namun beberapa jenis alga bisa menjadi sumber makanan bagi beberapa ikan hias.

kebanyakan terjadi, alga ini mengganggu sehingga banyak cara di gunakan untuk menghilangkan alga ini.



Berikut ini bebeberapa cara yang bisa digunakan untuk mencegah atau menghilangkan alga pada aquascape.

1. Memelihara Ikan pemakan alga
Untuk mencegah dan mengendalikan kemuncilan alga kita bisa memelihara ikan pemakan alga. Ada beberapa jenis ikan pemakan alga, Alga eater adalah salah satu jenis ikan pemakan alga yang sangat aktif dan bisa diandalkan dalam memakan beberapa jenis alga. Selain ikan udang kecil pemakan alga juga bisa dipelihara, selain mempercantik tank udang-urang ini juga bisa memakan alga dan membantu membersihkan tank.

Baca Juga: Cara Membersihkan kerak di kaca aquarium


2. Mengurangi jumlah pakan
Pakan ikan yang bersisa yang tidak habis dimakan akan berpotensi memicu munculnya alga. Oleh karena itu berikan makanan pada ikan secukupnya saja. Selain untuk menjaga tidak tumbuhnya alga juga agar ikan senantiasa sehat dan ikan juga tidak kekenyangan sehingga bisa memakan alga disekitaran tank.

3. Rutin melakukan pergantian air
Rutin mengganti air juga bisa mencegah munculnya alga, karena air baru yang bersih tidak terkontaminasi oleh bibit-bibit alga. Penggantian air tidak harus 100%, bisa bertahap mulai dari 25%-50%.

4. Pemberian CO2
Kurangnya kandungan CO2 terlarut dalam air juga bisa memicu tumbuhnya alga. Selain itu juga CO2 bisa membantu tanaman aquascape lebih ternutrisi. Pemberian CO2 yang cukup pada tank bisa menghambat tumbuhnya alga.

5. Kurangi cahaya
Terlalu lama paparan sinar matahari atau lampu pada tank juga bisa memicu tumbuhnya alga. Pencahayaan pada tank sebaiknya tidak full 24 jam, melainkan mengikuti seperti siklus normal matahari sekitar 8-12 jam saja.

Baca Juga: Jenis ikan predator yang bisa di pelihara di aquarium


6. Pemberian obat-obatan
Dipasaran sudah banyak berbagai macam obat-obatan ikan yang digunakan sebagai pembasmi alga dan pencegah munculnya alga. Silahkan dicari merk yang aman bagi ikan dan tumbuhan aquascape sebelum digunakan.

Ada banyak jenis alga yang biasa dijumpai pada aquascape maupun aquarium seperti Black Brush Algae (BBA), Blue Green Algae (BGA), Cladophoara/Blanket, Weed Brown Algae (Diatoms), Green Dust Algae (GDA), Green Spot Algae (GSA), Green Water, Hair/Thread Algae, Rhizoclonium Algae, Staghorn Algae. Setiap jenis alga mempunyai karakteristik dan cara tertentu untuk menghilangkannya.
dikesempatan lain akan kita bahas satu persatu cara menghilangkan alga berdasar jenis nya, oke sampai berjumpa di artikel berikutnya.

0 Response to "Cara Membasmi Alga di Aquascape"

Posting Komentar

Advertisement