Banner adz

Jenis Ikan Predator Yang Bisa di Pelihara di Aquarium

Tidak semua ikan hias yang di pelihara di aquarium adalah ikan hias kecil-kecil dan jinak, banyak juga penghobi ikan hias memelihara ikan predator di dalam aquarium.

jangan salah looh, ikan predator pun banyak yang motif dan corak warna nya indah di pandang seperti memelihara ikan oscar atau memelihara ikan louhan misalnya.
selain dari corak dan warna yang indah, biasanya sifat ikan predator ini juga bisa menjadi hiburan, seperti misal nya saat memberi makan ikan predator ini, cara memburu makanan ikan predator bisa menjadi kenikmatan tersendiri bagi penghobi ikan hias.

nah ikan predator apa saja yang bisa di pelihara di aquarium? ini lah ikan-ikan predator yang banyak di pelihara di aquarium.

1. Ikan Arwana

Ikan Arwana merupakan jenis ikan hias yang sangat populer dan harganya juga sangat tinggi. Arwana adalah ikan predator yang paling populer dan banyak di pelihara karena keindahan warna juga gerakannya, keindahan ikan ini berasal dari warnanya dan juga bentuk sisiknya yang seperti ring melingkar ditubuhnya. Ikan ini juga dikenal dengan keganasannya dan merupakan ikan pemangsa di kawasan air tawar. Ikan Arwana ini banyak di ekspor keluar negeri dan harganya yang mahal sehingga banyak orang yang membudidayakan ikan arwana untuk bisnis.


2. Ikan Oscar
Ikan satu ini mempunyai corak yang cantik cocok di pelihara di akuarium. Ikan Oscar masuk di keluarga ikan cichild.
ikan oscar mempunyai beberapa jenis seperti oscar paris,batik,alibno bahkan ada yang buntutnya slayer atau panjang. Ikan ini mudah di dapat serta murah sehingga baik untuk pemula yang ingin mencoba memelihara ikan predator. Makananya pun sama seperti ikan predator lainnya namun oscar bisa memakan pelet jika dilatih.

Ikan oscar termasuk ikan yang pintar dan bisa mengenali tuannya, bagi penghobis ikan hias, ikan oscar merupakan ikan cerdas looh, sehingga banyak juga orang membudidayakan ikan oscar dan memeliharanya dalam aquarium.



3. Ikan Louhan
Siapa yang tak kenal ikan Louhan? Ikan ini sering kali dijual dengan harga yang mahal. Apakah Anda sudah tahu berapa harga ikan Louhan ini?

Corak yang dimiliki juga tonjolan di bagian kepala membuat ikan ini menjadi ikan yang menarik untuk dikoleksi sebagai ikan hias. Bahkan beberapa ikan Louhan pernah dijual dengan harga yang lumayan fantastis.
Secara umum, ikan louhan banyak dikenali karena jenong di kepalanya. Padahal, keunikannya tidak hanya terletak di jenong-nya itu. Ada juga hal lain yang menarik perhatian para penghobi louhan.

Hal tersebut adalah warnanya dan kemudahan dalam mengembangbiakkan ikan louhan. Dari warnanya, louhan memiliki banyak varian yang menarik dan cenderung berubah-ubah seiring dengan perkembangannya.



4. Ikan Palmas
Ikan Palmas adalah ikan predator yang berenang pada dasar aquarium ikan ini disebut juga dengan ikan naga karena kepalanya yang seperti naga.

Banyak penghobi mengembangbiakan ikan palmas dan memeliharanya dalam aquarium karena bentuknya yang unik seperti ikan purba, juga memiliki warna yang bercorak tergantung jenis nya.
Ikan ini cukup murah tergantung pada jenisnya. Yang termahal adalah jenis Polypterus Bichir Bichir atau nile bichir yang harnya mencapai 5 juta rupiah lebih.
Makanan terbaik ikan ini adalah daging segar yg dipotong kecil-kecil bisa daging ikan atau daging udang.



5. Ikan Aligator
Ikan aligator atau biasa disebut ikan buaya karena mempunyai moncong yang seperti buaya.
Ikan ini mampu tumbuh hingga 1 meter dan rata rata hidupnya yaitu 18 tahun.
Ikan aligator adalah ikan predator yg pas untuk pemula karena harga nya yang murah serta pemeliharannya yang mudah.

Ada bermacam jenis untuk ikan ini. Namun yang paling mahal adalah aligator spatula platinum, Harganya bisa mencapai jutaan rupiah, Makananya berupa ikan-ikan kecil atau udang. Namun masyarakat banyak yang kurang pengetahuannya akan ikan ini. Buat pemula yang ingin memelihara ikan predator jenis ini berkomitmen lah untuk memeliharanya jangan sampai karena harga ikan ini yang murah setelah bosen untuk memeliharanya atau terlalu besar ikan ini malah dibuang dikali atau sungai indonesia karena ikan-ikan lokal kita akan habis di mangsanya. kamu juga bisa mencoba menernakan ikan aligator sendiri loh



6. Ikan Belida
Ikan belida atau ikan clown fish ini dagingnya biasa dibuat makanan khas palembang yaitu pempek. Namun yang biasa dibuat pempek itu belida jawa.
Jenis seperti belida bengkok, belida albino, dan belida royal kini menjadi favorit penghobi untuk memeliharanya karena motif dan bentuknya yang lucu.

Ikan Belida merupakan jenis ikan predator yang berada di kawasan air tawar dan merupakan ikan asli dari Indonesia serta banyak terdapat di perairan Indonesia. Ikan ini diberi nama Belida karena terdapat pada perairan di daerah Sumatra yang bernama sungai Belida.

Jenis ikan Belida ini juga bukan hanya terdapat di Indonesia saja, di Thailand juga ada jenis ikan seperti ini namun tidak terlalu populer untuk dijadikan ikan hias disana. Ikan Belida juga memiliki harga jual yang sangat tinggi karena tingkat kelangkaan dari ikan ini sekarang sehingga banyak orang membudidayakan ikan belida. Jenis ikan ini merupakan jenis ikan predator yang sangat tenang dan lebih banyak memangsa ikan-ikan kecil yang berada disekitar kawasan atau habitatnya berada.


Nah demikianlah ikan-ikan predator yang banyak di pelihara di akuarium, sebenarnya masih banyak lagi jenis lainnya, nanti akan kita bahas di postingan selanjutnya.

2 Responses to "Jenis Ikan Predator Yang Bisa di Pelihara di Aquarium"

Advertisement