Banner adz

Cara Mudah Ternak Ikan Chery Barb

Ikan Chery Barb berasal dari Srilanka dan merupakan suku Cyprinidae. Ikan jenis ini banyak ditemukan dengan kombinasi warna merah, putih dan hitam. Merupakan jenis ikan pendamai yang suka hidup pada air yang memiliki pH 6 -7.

Ikan Chery Barb sangat elok untuk menghiasi akuarium sobat, ikan ini akan terlihat indah bila di pelihara dalam jumlah banyak karena sering bergerombol berenang kesana kemari di dalam akuarium sobat.

Bagaimana cara mudah menernakan ikan chery barb ini? nah bagi sobat yang ingin mencoba menernakan ikan chery barb ini simak postingan ini, kita akan coba menernakan ikan chery barb skala kecil aja dulu ga usah besar-besar, yang penting kan ikan chery barb sobat bisa berkembang biak ya..

Baca Juga: Ternak Ikan Niasa


Pada dasarnya menernakan ikan chery barb ini sama seperti menernakan ikan barbir yang sudah pernah di posting di blog ini,
Untuk membedaka indukan jantan ikan chery barb  ikan jantan warna merah lebih banyak  dan tersebar merata di sekujur tubuhnya, di banding ikan betina.
sedangkan indukan betina ikan chery barb memiliki warna yang agak pudar dan memiliki bentuk tubuh yang membulat khususnya di bagian perut.

nah jika sobat sudah membedakan indukan jantan dan betina ikan chery barb maka selanjutnya persiapkan wadah pemijahan bisa berupa apa saja, akuarium, bak atau kolam semen.
jangan lupa masukan pula tumbuhan air atau bisa juga dari tali rafia yang di ikat dan di bentuk seperti rerumputan untuk menempelkan telur ikan chery barb.

setelah tempat pemijahan siap, masukan indukan jantan ikan chery barb ke tempat pemijahan, biarkan saja sehari semalam untuk adaptasi tempat.
kemudian masukan indukan betina ikan chery barb, biasanya sih enaknya masukan sore hari, biarkan saja.

Baca Juga: Cara Mudah Ternak Ikan Rainbow


biasanya perkawinan akan terjadi di pagi hari, sobat bisa lihat jika indukan jantan ikan chery barb mengejar indukan betina ikan chery barb itu tanda nya ikan sedang memijah, sobat juga bisa perhatikan di dasar akuarium akan terlihat telur putih transparan.

jika pemijahan sudah selesai, biasanya siang hari, maka sobat bisa pisahkan kedua indukan ikan chery barb ke tempat lain, biarkan telur menetas di wadah pemijahan tadi.
setelah 3 atau 4 hari akan terlihat burayak ikan chery barb yang menempel di dinding akuarium atau mulai berenang di atas, sobat tidak perlu langsung memberi makan burayak ikan chery barb tersebut, karena mereka masih memiliki cadangan makanan di perutnya.

setelah sekitar 3 atau 4 hari sobat bisa memberi kutu air halus, jika kesulitan mencari kutu air, sobat bisa menernakan kutu air sendiri loh, berikan pakan kutu air selama beberapa hari, jika di rasa sudah agak besar bisa sobat berikan pakan yang lebih besar lagi seperti jentik nyamuk.

nah demikianlah cara menernakan ikan chery barb ala newbie paling mudah, semoga bisa bermanfaat, jika sobat punya cara yang lebih ampuh lagi silahkan bisa berbagi agar kita bisa sama-sama praktekan.

oke sampai berjumpa di postingan selanjutnya selamat mencoba, terima kasih.

0 Response to "Cara Mudah Ternak Ikan Chery Barb"

Posting Komentar

Advertisement