Banner adz

Cara Mudah Mengawinkan Ikan Barbir, Ternak Ikan Barbir Termudah

Bagaimana cara menernakan ikan barbir?
Halo sobat pecinta ikan hias, apa kabar, pada postingan kali ini saya akan berbagi informasi bagaimana mengembang biakan ikan barbir ala newbie,

cara yang saya bagikan ini terlebih dahulu sudah saya coba dan praktekan, jadi berdasar pengalaman aja ya, saya sudah mencoba menernakan ikan barbir ini, kalau sobat punya cara lain yang lebih mantap boleh lah share ilmunya :)

Oke seperti biasa kita kenalan dulu dengan ikannya, namanya Barbir, ikan ini cukup gesit dan lincah, nah penampakannya seperti ini:

 cantik kan? apalagi kalau kita melihara dalam jumlah banyak di akuarium, wah indah banget, mereka akan berenang kesana kemari, sangat cocok di tempatkan di aquascape sobat looh, kalau belum tau cara membuat aquascape, sobat bisa lihat di postingan saya di blog ini. nah ikan barbir yang di taruh di aquascape ini akan indah sekali, melihatnya saja bisa menghilangkan stress deh, hehhe

cara membedakan ikan Barbir jantan dan betina adalah bisa di lihat dari bentuk badannya, yang Jantan agak ramping, di badannya bagian bawah berwarna merah (jika sudah matang kelamin siap memijah), dan di sirip atas nya ada titik atau garis hitam.
Sedangkan untuk induk barbir yang Betina, badannya bulat, di bagian perut bentuk bulan kadang seperti terlihat telur, bagian bawah badan berwarna putih, tidak ada corak garis hitam di sirip atasnya.

nah sudah bisa membedakan ikan barbir jantan dan betina kan? mudah kok, ikan barbir ini sangat mudah di bedakan apalagi kalau sedang birahi, jantannya akan keluar warna merah di bagian perut.


setelah bisa membedakan ikan barbir jantan dan ikan barbir betina, tinggal persiapan memijahkan, sediakan akuarium, akuarium yang standar aja tidak perlu akuarium yang unik dan aneh, atau wadah apa saja yang bisa di gunakan, terserah sobat, isi air dan pastikan tidak ada parasit di tempat pemijahan (siput atau binatang lain yg bisa memangsa telur)

setelah itu siapkan indukan, jangan lupa sediakan juga sarang telur di wadah pemijahan, bisa berupa eceng gondok atau tumbuhan air lain yg akarnya rimbun, jika tidak ada sobat bisa buat dengan menggunakan tali rafia yang di buat menyerupai rumbai-rumbai. langkah nya sama juga dengan cara menernakan ikan zebra

kemudian masukan induk Jantan, sebenarnya langsung meletakan kedua indukan juga bisa sih, cuma kadang agak lama memijahnya kalau sekaligus di campur, nah biarkan indukan jantan mengenali tempat, kemudian saat malam, letakan induk betina di tempat pemijahan dan tunggu ke esokan hari.

biasanya pagi hari ikan sudah kawin, bisa di lihat dari indukan jantan yang mengejar betina dan kalau kita jeli bisa kelihatan telur berserakan di dasar atau di sarang telur yang sudah kita siapkan tadi, warna nya bening, coba deh  perhatikan pasti keliatan :)

nah kalau sudah memijah, siang hari kita angkat kedua indukan, biarkan telur menetas di tempat pemijahan, sekitar 2-4 hari akan terlihat burayak yang berenang, kita bisa beri infusaria atau kutu air halus yang bisa di cari di selokan atau bisa juga dengan ternak kutu air sendiri.

nah kalau sudah besar bisa deh di kasih jentik nyamuk, bagaimana mudah bukan? silahkan di coba, biar ikan sobat bisa bertambah banyak di akuariumnya, ini adalah cara newbie looh yang penting ikan bisa bertambah banyak, hehhe..

cara mudah ternak ikan barbir


oke sekian dulu informasi tentang Mengawinkan Ikan Barbir, semoga informasinya bermanfaat untuk sobat semua, sampai jumpa di post berikutnya.
Simak juga video lengkap nya di channel kami


0 Response to "Cara Mudah Mengawinkan Ikan Barbir, Ternak Ikan Barbir Termudah"

Posting Komentar

Advertisement