Banner adz

Cara Simpel Ternak Ikan Penguin Tetra

Ikan Penguin tetra merupakan ikan yang indah untuk di letakan di tank sobat, apalagi jika dalam jumlah yang banyak.

ikan Pinguin tetra biasa disebut sebagai ikan koloni dengan kebiasaan diam disuatu tempat.
Posisinya terlihat berdiri, pada saat menoleh seluruh bagian tubuhnya bakal bergerak.
Persis gerakan tubuh penguin. Ikan ini memiliki warna putih di sirip atas dan bawah. Di tubuh bagian tengah terdapat warna hitam. Tetapi di bagian ekor bawah tak terdapat warna sama sekali. Sehingga terlihat transparan.

Paduan warna hitam dan putih ini membuat warna pada penguin tetra seperti dengan warna pada tubuh penguin. Habitat dari penguin tetra berasal dari sungai paratungka yang terdapat di Negara ekuador. Suhu air yang di butuhkan oleh penguin tetra adalah 20-30 °C.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Glasfinn


Untuk menernakan ikan penguin tetra ini cukup mudah, karena tanpa kita sengaja pun ikan penguin tetra ini kadang memijah sendiri dalam tank.
cara memijahkan ikan penguin tetra pun sama seperti cara menernakan ikan amber tetra.

namun jika sobat ingin mencoba menernakan ikan penguin tetra ini tak ada salah nya di coba, postingan berikut ini sengaja kita buat bagaimana cara mudah menernakan ikan penguin tetra.

oke langsung saja, untuk menernakan ikan penguin tetra pertama sobat sediakan indukan ikan penguin tetra nya dulu.
cara membedakan indukan ikan penguin tetra lumayan sulit, namun kita cari cara mudah saja.
jika sobat punya banyak ikan penguin tetra, coba lihat bentuk tubuh ikan penguin tetra sobat, biasanya induk jantan ikan penguin tetra memiliki tubuh yang ramping dan panjang, sedangkan induk betina ikan penguin tetra memiliki tubuh lebih besar dan membulat apalagi di bagian perutnya.

jika sobat sudah bisa membedakan indukan ikan penguin tetra maka selanjutnya siapkan tempat pemijahan nya, bisa berupa akuarium atau kolam.
isi tempat pemijahan dengan tumbuhan air untuk tempat menempel telur nanti nya.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Roket Anulatus


jika sudah maka sobat masukan dulu indukan jantan ikan penguin tetra ke dalam wadah pemijahan, dan biarkan beradaptasi, setelah agak lama silahkan masukan indukan betina ikan penguin tetra nya.
setelah kedua indukan ikan penguin tetra berada di tempat pemijahan, biarkan saja semalaman, biasanya di pagi hari ikan akan memijah jika kondisi dan lingkungan sudah sesuai, namun jika belum memijah biarkan saja tunggu hingga beberapa hari.

jika ikan penguin tetra sudah memijah, coba lihat di antara rimbunan tanaman air, apabila sobat melihat bulatan kecil-kecil berwarna putih bening itu berarti telur ikan penguin tetra, segera angkat kedua indukan ikan penguin tetra nya karena di khawatirkan akan memangsa telur tersebut.

biarkan saja telur ikan penguin tetra di tempat pemijahan tadi, tunggu sampai menetas sekitar 2 atau 3 hari. biasanya akan terlihat anakan ikan penguin tetra terlihat berenang di atas atau ada yang masih menempel di kaca atau tanaman air.
sobat belum perlu memberi pakan dulu, karena anakan ikan penguin tetra masih mengandung kuning telur di dalam perutnya sebagai persediaan makanan.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Rasbora Galaxy


setelah 3 hari maka kuning telur dalam perut anak ikan penguin tetra akan habis, maka sobat seharusnya sudah memberikan pakan halus berupa kutu air halus atau pelet khusus, untuk kutu air sobat bisa mencari di selokan sekitar rumah, namun jika sobat kesulitan menemukan kutu air, sobat bisa mencoba mengkultur kutu air sendiri di rumah. rawat lah anakan ikan penguin tetra sobat dengan memberi pakan teratur dan jangan lupa jaga kebersihan air dengan menyipon atau menyedot kotoran di bawah dengan hati-hati secara teratur.

setelah agak besar, sobat bisa memberi makan anak ikan penguin tetra dengan makanan yang lebih besar lagi seperti jentik nyamuk, jika kesulitan mencari jentik nyamuk, sobat bisa mencoba mengkultur jentik nyamuk di rumah.

nah demikian lah tadi tentang cara mudah menernakan ikan penguin tetra secara sederhana, semoga bisa sobat praktekan dan semoga berhasil.

1 Response to "Cara Simpel Ternak Ikan Penguin Tetra"

Advertisement