Banner adz

Cara Mudah Ternak Jentik Nyamuk

Nyamuk memang menjengkelkan dan bisa menyebabkan penyakit untuk beberapa jenis nyamuk tertentu. Namun di balik sifat buruknya, nyamuk memiliki manfaat khususnya bagi para peternak ikan hias.

Manfaat dari nyamuk bagi para peternak ikan hias adalah jentik nyamuk bisa di jadikan sebagai umpan atau pakan ikan hias. kadang sulit sekali mendapatkan jentik nyamuk di selokan sehingga beberapa orang mulai menernakan sendiri jentik nyamuk, khusus nya bagi para peternak ikan cupang

Nyamuk meletakan telurnya di permukaan air yang banyak ditumbuhi tumbuhan atau kotoran yang mengapung. Anak-anak nyamuk disebut jentik-jentik yang hidup di dalam air sebagai plankton sementara atau meroplankton. Pernapasan jentik nyamuk masih menggunakan oksigen dari udara yang diisap dengan trachea, mereka menghisap oksigen dengan cara menyembulkan bagian ekornya ke permukaan air.

kultur jentik nyamuk

Pakan nyamuk terdiri dari kotoran yang sedang membusuk di dalam air dan juga beberapa jenis jasad renik. Untuk menjadi dewasa, jentik-jentik nyamuk ini harus menjadi kepompong terlebih dahulu dengan waktu proses menjadi kepompong sekitar 1-3 hari, setelah keluar dari kepompong baru jentik nyamuk menjadi nyamuk dewasa yang siap untuk menghisap.

Yang di butuhkan oleh para peternak adalah jentik nyamuk sebagai pakan ikan hias, nah bagaimana cara membuat jentik nyamuk, tentunya berbeda dengan cara mengkultur kutu air, berikut cara mudah nya.

- Sediakan wadah atau ember yang berdiameter 30 cm
- Isi ember tersebut dengan air bekas cucian beras atau leri
- Simpan ember tersebut di tempat-tempat yang banyak nyamuk
- Jika setelah 3-5 hari air tersebut belum diteluri, maka sebaiknya harus melakukan pergantian air leri dengan yang baru
- Kemudian telur nyamuk akan mengapung dipermukaan air dengan saling menempel satu sama lain sehingga membentuk gambaran  seperti perahu
- Setelah itu ambil telur-telur tersebut dengan menggunakan lidi dan pindahkan ke tempat lain untuk ditetaskan.
- Sebelum mengambil telur dengan menggunakan lidi, maka salah satu  sisi lidi dapat diratakan menggunakan pisau. Kemudian lidi dicelupkan ke dalam air dengan kedalaman 1,5 cm, lalu lidi di miringkan agar telur menempel pada bagian sisi lidi, setelah menempel kemudian angkat untuk dipindahkan  ke tempat penetasan.

jika telur sudah terkumpul, pantau terus perkembangannya, jangan sampai berubah menjadi nyamuk, karena berbahaya ya sob. sebaiknya jika sudah berubah menjadi jentik, langsung saja berikan kepada ikan hias sobat.

Demikianlah teknik cara mengkultur jentik nyamuk, sebagai pakan ikan hias sobat, untuk pakan anak ikan hias selain jentik nyamuk ada juga kutu air, daphnia magna, micro worm dan sebagainya, silahkan pilih saja sesuai kebutuhan sobat.

0 Response to "Cara Mudah Ternak Jentik Nyamuk"

Posting Komentar

Advertisement