Banner adz

Mudahnya Beternak Ikan Guppy

Halo sobat ikan hias apa kabar, kali ini saya akan berbagi info tentang bagaimana cara beternak ikan guppy dengan mudah.

tentunya sobat ikan hias sudah tau kan ikan guppy? ikan yang satu ini banyak di temukan di mana-mana loh, bahkan di alam liar seperti selokan air pun ada, jadi ingat dulu saya suka nangkapin ikan guppy ini di selokan, hahaha...

nah kita kenalan dulu ya barangkali ada yang belum kenal, Ikan guppy atau Poecilia reticulata merupakan ikan yang mudah membiak. Habitat asli ikan guppy di danau-danau dan sungai berair tenang. Ikan ini bisa juga bertahan di air payau yang memiliki kadar garam tinggi.
Ikan guppy ini banyak jenis nya loh, warna nya pun bermacam-macam, dan tentunya sangat cantik di tempatkan di dalam akuarium sobat sebagai pelengkap aquascape.

nah langsung saja kita bahas cara ternaknya ya, oke pertama-tama siapkan wadahnya dulu, boleh apa aja terserah sobat yang penting bisa nampung air dan cukup luas, boleh ember bekas, aquarium, styrofoam atau kolam juga ga masalah.

setelah wadah sudah ada dan di isi air, lalu kita siapkan indukannya. nah sobat sudah bisa membedakan indukan jantan dan betina?
oke ini caranya, mudah kok, bisa terlihat dari bentuk badan.

Indukan jantan memiliki tubuh lebih ramping, dan sirip bawah di bagian perut itu lebih runcing (sama seperti ikan molly, baca di sini). sedangkan untuk ikan betina itu badannya lebih besar, memiliki perut yang bulat, warna juga agak kurang banyak.

sebelah kiri adalah ikan jantan, sebelah kanan ikan betina

setelah indukan siap, tinggal kita masukan saja keduanya kedalam wadah pemijahan. dan biarkan ikan bercumbu rayu, eit jangan di intip, nanti pengen lagi, hahahha...


Simak Video berikut ini



setelah ikan memijah, maka ikan betina akan mengandung telur dalam perutnya, dan ketika waktunya akan mengeluarkan anak-anak guppy.

jika anak-anak guppy sudah keluar dan berenang ke sana kemari (proses melahirkan selesai) maka segera angkat kedua indukan tadi.
biarkan saja anakan guppy di wadah dan rawat sampai besar dengan memberi pakan halus, bisa berupa kutu air atau pelet khusus.

nah mudah bukan, sekarang ikan guppy sobat sudah bertambah banyak. sobat bisa memvariasikan dengan mengawinkan beda jenis sehingga akan di dapat warna ikan guppy yang bagus looh..

oke sekian dulu info tentang mudahnya beternak ikan guppy dari saya, sampai jumpa di postingan berikutnya. salam.

jangan lupa simak video nya di chanel youtube kami

0 Response to "Mudahnya Beternak Ikan Guppy"

Posting Komentar

Advertisement