Banner adz

Beternak Ikan Mas Koki

halo sobat ikan hias, pada postingan kali ini saya akan berbagi info tentang bagaimana Beternak Ikan Mas Koki ala newbie, pokoknya kita cari yang simpel dan mudah di praktekan aja, ga usah pake ribet suntikan segala, yang penting ikan sobat bisa bertambah banyak, hehhe..

nah sobat pasti kenal ya dengan ikan yang satu ini, karena ikan ini menjadi favorit hampir semua orang, di toko ikan hias pasti ada ikan mas koki ini.

nah kalau sobat sudah punya dan ingin memperbanyak ikan mas koki nya, yuk kita belajar menernakan ikan ini.


Pertama-tama sobat harus bisa membedakan dahulu mana yang jantan dan betina. bisa di lihat dari bentuk badannya dan dengan sedikit sentuhan kita bisa membedakan mana jantan dan betina.

Ikan Jantan biasanya memiliki tubuh agak panjang, dan untuk ikan yang sudah matang kelamin, jika di urut bagian perutnya akan keluar cairan berwarna putih susu loh. ada benjolan kecil warna putih pada tutup insang atau kadang pada jari-jari pertama sirip dada, dan pada bagian dubur oval dan agak kecil.

Ikan Betina memiliki tubuh yang lebih bulat, dan pada  ikan  yang sudah matang kelamin jika di tekan perutnya akan keluar telur nya berwarna kunning bulat-bulat.

nah jika sobat sudah bisa membedakan mana indukan jantan dan betina, yuk kita mulai pemijahannya.

siapkan terlebih dahulu tempat pemijahan, bisa berupa akuarium, dan isi dengan air yang sudah di endapkan juga berikan substrat untuk menempelkan telur, bisa berupa tanaman air atau dari tali rafia.
campurkan kedua indukan tadi dan biarkan mereka kawin.

proses perkawinan bisa dilihat dari gerak gerik ikan tersebut, jika si jantan mengejar-ngejar betina kesana kemari dan kalau kita perhatikan, sambil aksi kejar-kejaran tadi si betina akan mengeluarkan telur, biasanya telur berserakan dan menempel di kaca akuarium atau di substrat yang kita letakan tadi.

nah jika proses perkawinan sudah selesai (si jantan tidak lagi mengejar betina), segera pisahkan kedua indukan tadi, angkat keduanya dari tempat pemijahan. dan biarkan telurnya menetas sendiri.

sebaiknya di wadah penetasan tadi di berikan aerasi agar telur bisa menetas sempurna.
dalam jangka 2 sampai 4 hari telur akan menetas dan mulai terlihat burayak berkeliaran bergentayangan, hehehe...

nah tinggal pembesaran saja, sobat bisa kasih makan dengan kutu air sampai besar.

demikian lah tentang bagaimana beternak ikan mas koki, semoga bermanfaat untuk sobat semua, dan semoga ikan sobat bisa bertambah banyak dari artikel tentang beternak ikan mas koki ini.

0 Response to "Beternak Ikan Mas Koki"

Posting Komentar

Advertisement