Banner adz

Jenis-jenis Ikan Palmas

 Ikan palmas merupakan ikan yang unik, ikan palmas banyak penggemarnya karena bentuknya yang unik seperti naga atau ikan purbakala, warnanya pun juga unik sehingga menambah keunikan ikan palmas.

Ikan palmas juga sering di jadikan tankmate untuk ikan predator lain seperti ikan oscar, ikan arwana, ikan pbas atau ikan predator lain.

ikan palmas ini jangan di gabungkan dengan ikan-ikan kecil ya karena bersifat predator, bisa bisa ikan sobat di mangsa nya.

ikan palmas juga banyak jenis nya, nah kita akan bahas jenis-jenis ikan palmas yang sering kita jumpai.


1. Palmas Endliceri (Polypterus endlicheri)

ikan palmas endliceri berasal dari afrika, Ukurannya bisa mencapai lebih dari 50 cm bahkan hingga 75cm, Kepalanya kecil dan seperti kadal dengan mulut menganga besar dan mata kecil di kedua sisinya. 



Ikan palmas endliceri merupakan jenis ikan palmas yang memiliki warna dasar silver (perak) dengan corak hitam di bagian kepala hingga sirip ekor

Karena penglihatannya buruk, ikan palmas mengandalkan penciuman. Hal ini dimungkinkan dengan tonjolan lubang hidungnya yang mampu mendeteksi bau mangsanya.

Ikan Palmas Endlicheri ini merupakan Polipterus 'lower-jaw', artinya bahwa ia memiliki rahang bawah lebih panjang daripada rahang atas.


2. Congo bichir (Polypterus endlicheri congicus)

ikan palmas congo bichir merupakan jenis ikan palmas yang terbesar. karena, ikan palmas congo bichir mampu tumbuh hingga mencapai panjang 1,2 meter. 



ikan palmas congo ini merupakan satu-satunya sub spesies endlicheri

Ikan palmas raksasa ini memiliki rahang yang dapat menghancurkan dan merobek mangsanya dalam waktu yang singkat. 

Cara membedakannya dengan palmas endicheri, ialah dengan melihat jumlah marking belang pada tubuhnya. 



3. Palmas Delhezi (Polypterus delhezi)

Ikan Palmas Delhezi berasal dari Kongo Afrika dengan ukuran bisa mencapai 35 cm, ikan ini pandai melompat dari tank, jadi sebaiknya tank sobat harus dilengkapi penutup ya.

ikan palmas delhezi merupakan ikan carnivora alias jenis ikan predator dan biasanya tidak akan menerima makanan kering di akuarium, meskipun ada beberapa bisa dilatih untuk mengkonsumsi pelet. Makanan yang paling cocok adalah pakan hidup atau makanan beku seperti udang, cacing tanah, kerang, cacing darah dll. Ikan palmas delhezi ini merupakan salah satu yang paling populer



ikan palmas delhezi juga bisa di jadikan untuk tankmate selama ikan itu tidak muat dimulutnya ikan palmas bisa bersifat damai. Tank mate yang cocok diantaranya yaitu spesies Polypterus lainnya, Synodontis, Datnoides, Balida alias/knife fish.


4. Palmas Ornate (Polypterus ornatipinnis)

Ikan palmas ornate berasal dari Afrika tepatnya di Danau Tanganyika dan lembah Sungai Kongo di Afrika Tengah dan Timur.



Ikan palmas ornate merupakan ikan palmas yang tercantik, Palmas Ornate memiliki pola hitam dan kuning pada tubuh, kepala, dan siripnya.


5. Palmas Albino



Ikan palmas albino jenis ini hanya mempunyai warna putih dominan atau albino namun ada sedikit corak warna kuning di bagian sirip atas dan dibagian mata mempunyai warna merah. Jenis ikan ini sangat indah untuk dipelihara karena warna putih dan lampu di aquarium membuat ikan ini enak dilihat apalagi jika sedang bergerak dengan anggun membuat ikan ini menjadi sangat indah.


6. Ikan Palmas Senegalus

Ikan Palmas Senegalus merupakan jenis yang paling populer dan banyak ditemukan dipasaran. Yang cukup diminati juga ialah dari jenis Palmas albino. 



Ikan Palmas, mempunyai warna dominan abu-abu dan tidak memiliki corak seperti ikan palmas orna maupun endlicheri. Palmas senegalus ini mempunyai panjang tubuh yang berkisar 13 cm-23 cm.

Ikan Palmas Senegalus termasuk ke dalam "upper jaw" bichir, artinya bahwa bichir jenis senegalus ini memiliki bibir/rahang atas yang lebih panjang dari bibir/rahang bawah.


7. Palmas Ansorgii

Ikan palmas Ansorgii berasal dari Guinea Afrika. Ukuran maksimalnya berkisar sekitar 30 cm


Ikan jenis ini mempunyai corak tidak beraturan seperti endlicheri yaitu dominan putih namun ada corak hitam yng tidak beraturan bentuknya dan yang membedakan dengan jenis endlicheri adalah ukurannya yang lebih kecil yang hanya mampu mempunyai panjang 30 cm.

nah demikianlah jenis-jenis ikan palmas yang biasa ada di pasaran dan sangat familiar kita lihat saat ini, sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis ikan palmas lainnya.
untuk jenis-jenis ikan palmas terlengkap lainnya akan kita bahas di postingan selanjutnya.



0 Response to "Jenis-jenis Ikan Palmas"

Posting Komentar

Advertisement