Banner adz

Jenis jenis ikan hias yang cocok dipelihara di kolam

 Memelihara ikan hias bukan hanya karena hobi semata, ada beberapa orang yang memelihara ikan hias bukan karena hobi, namun karena tujuan lain, salah satunya yaitu untuk estetika atau keindahan ruangan. 



Untuk unsur estetika ini ikan hias biasanya di pelihara dalam akuarium ataupun kolam. 

Kolam yang di buat biasanya di hiasi air terjun atau pohon pohonan agar rumah atau halaman terlihat lebih sejuk dan alami. 

Nah untuk menambah kesan alami tersebut biasanya ditambahkan ikan hias ke dalam kolam tersebut. 

Kira kira ikan apa saja ya yang cocok di pelihara dalam kolam. 

Nah inilah dia jenis jenis ikan hias yang cocok di pelihara di dalam kolam. 


1. Ikan koi

Siapa yang tidak kenal ikan yang satu ini. Ikan koi. 



Ikan Koi adalah ikan hias yang paling populer di seluruh dunia untuk dipelihara dalam kolam. Mereka terkenal karena warna-warni mereka yang indah dan karakter yang ramah. 

Ikan koi memiliki warna dan jenis yang beraneka ragam. Jenis yang paling di kenal adalah jenis gosanke yang terdiri dari kohaku, taisho sanshoku, dan showa sanshoku.

di beberapa negara, ikan koi di pelihara bukan hanya sekedar hiasan, namun ada mitos bahwa ikan koi ini adalah ikan pembawa keberuntungan. ikan koi ini dipercaya pemiliknya dapat menghadirkan cinta dan keberuntungan.

Ikan koi biasa hidup di kondisi air bersuhu antara 7-35 C, selama musim dingin yaitu ketika suhu mencapai 7-10 derajat celcius maka ikan koi akan masuk ke dalam keadaan mati suri atau dormansi, sehingga tubuh ikan koi tidak memerlukan banyak makanan.

Agar ikan koi sobat tetap sehat di dalam kolam, jangan lupa memberikan arus air seperti di habitat aslinya, dan jaga kualitas air agar tetap jernih, sehingga keindahan ikan koi bisa terus di nikmati dalam kolam sobat.


2. Ikan Gurami

Ikan gurami biasanya terkenal sebagai ikan konsumsi, namun ikan gurami ini juga cocok untuk di pelihara sebagai penghias kolam sobat.



Ikan gurami memiliki gerakan yang anggun jika di dalam kolam, bergerak lambat dan tenang, namun ikan gurami ini akan bergerak sangat cepat jika ada sesuatu yang mengancam dirinya atau jika ada mangsa yang ingin di lahapnya.

ikan gurami ini termasuk hewan omnivora, dia bisa memakan apa saja yang kita berikan, mulai dari jentik nyamuk, pelet ikan, bahkan daun daunan akan di lahapnya.

Jenis ikan gurami yang biasanya di jadikan hiasan adalah gurami albino atau biasa di kenal gurame padang yang memiliki warna khas putih. namun banyak juga yang memelihara ikan gurami biasa di dalam kolam.


3. Ikan komet

Ikan komet juga banyak di pelihara orang untuk menghiasi kolam di karenakan memiliki corak warna yang cerah.



Ikan komet memiliki bentuk tubuh seperti ikan mas, namun memiliki sirip ekor yang panjang, dan berenang sangat cepat.

Untuk merawat ikan komet ini tidak terlalu sulit, bahkan ikan komet bisa beranak pinak didalam kolam atau akuarium sobat tanpa perlu perlakuan khusus.

Ikan komet bisa di campurkan dengan ikan hias lainnya di dalam kolam sobat, asalkan ikan yang seukuran ya.


4. Ikan Guppy

Ikan guppy merupakan ikan hias berukuran tubuh kecil yang memiliki corak berwarna warni yang indah.



biasanya ikan guppy di pelihara di dalam akuarium, namun ikan guppy juga cocok untuk di pelihara dalam kolam, karena ikan guppy sering kali bermain di permukaan air, sehingga mudah untuk melihat keindahan ikan guppy ini di dalam kolam.

selain itu ikan guppy ini juga mudah berkembang biak di dalam kolam sobat.

Perawatan ikan guppy pun juga tergolong mudah, ikan guppy bisa hidup di dalam kolam yang tanpa di lengkapi aerator atau oksigen.


5. Ikan Red Coral

Ikan Red coral merupakan ikan kecil yang memiliki cirikhas warna merah cerah. ikan ini juga biasa di pelihara sebagai hiasan di akuarium, namun cocok juga di pelihara di kolam.



Ikan red coral ini juga sering bermain di permukaan air, sehingga mudah untuk melihat keindahannya di dalam kolam dengan warna nya yang terang.

Ikan red coral juga ikan yang mudah di pelihara dan mudah berkembang biak di dalam kolam. selain itu ikan red coral ini mudah di dapatkan di toko toko ikan hias dan harganya pun murah.


6. Ikan Molly

Ikan Molly merupakan ikan yang banyak di pelihara di dalam akuarium, tapi cocok juga di pelihara di dalam kolam.



Ikan moly memiliki warna dan jenis yang beragam, seperti black molly, golden black molly, platinum, marble dan lainnya yang tentunya dapat memperindah kolam sobat dengan berbagai corak warna yang indah.

Ikan molly ini juga senang bermain di permukaan air, dan mudah untuk memeliharanya.


7. Ikan Patin

Ikan patin terkenal sebagai ikan konsumsi yang memiliki daging tebal yang gurih. namun banyak juga yang memelihara ikan patin ini di dalam kolam sebagai ikan hias, khususnya ikan patin albino yang memiliki warna putih.



Ikan patin memiliki tubuh memanjang, berwarna putih perak dengan punggung berwarna kebiruan. Ikan patin tidak memiliki sisik, kepala ikan patin relatif kecil dengan mulut terletak diujung kepala agak ke bawah.

Ikan patin juga di kenal sebagai salah satu ikan hiu air tawar, karena bentuknya dan gerakannya saat berenang mirip ikan hiu.


8. Ikan Nila

Ikan nila juga merupakan ikan air tawar yang terkenal sebagai ikan konsumsi, namun ikan nila juga kerap kali di jadikan ikan hiasan dalam kolam.



Ikan nila memiliki jenis dan corak warna yang beragam, antara lain nila hitam, larasati, nirwana dan lainnya.

untuk memelihara ikan nila ini pun tergolong mudah, bahkan ikan nila kadang ditemukan sudah beranak pinak di dalam kolam.


Nah itulah tadi rekomendasi ikan hias yang cocok di pelihara di dalam kolam versi ikan hias mania.

kira kira ikan hias apa yang cocok untuk di pelihara dalam kolam sobat? nah silahkan pilih saja mana yang sesuai dengan kondisi kolam dan lingkungan sobat.


0 Response to "Jenis jenis ikan hias yang cocok dipelihara di kolam"

Posting Komentar

Advertisement