Banner adz

Jenis jenis ikan hias bertubuh pipih yang unik dan indah

kita mengetahui begitu banyak jenis ikan hias saat ini, dengan beraneka warna dan bentuk yang beragam.

dalam memelihara ikan hias terkadang di sesuaikan dengan tema pada aquarium atau kolam. seperti misalnya untuk tema aquascape taman bunga maka ikan yang cocok di pelihara adalah ikan yang berwarna warni cerah seperti ikan neon tetra, cardinal atau guppy. 

jika sobat sedang mencari ikan hias apa yang memiliki bentuk tubuh unik untuk di tempatkan pada kolam atau aquascape sobat, kali ini kita akan membahas mengenai jenis jenis ikan hias yang memiliki bentuk tubuh pipih.


Nah inilah dia jenis jenis ikan hias yang memiliki bentuk tubuh yang pipih

1. Ikan Manvis


 

Siapa tak kenal ikan yang satu ini, ikan manvis merupakan ikan yang cukup populer dan paling mudah di temui di toko toko ikan  hias manapun. ikan manvis memiliki bentuk tubuh yang pipih dan sirip yang panjang sehingga menyerupai layang layang, makanya ikan ini kerap kali di sebut ikan layang layang.

ikan manvis memiliki banyak jenis dan warna yang beraneka ragam. cocok sebagai penghuni aquascape sobat yang berisi tanaman hijau.

Ikan manvis pun tergolong ikan yang mudah untuk di pelihara, bisa di satukan dengan ikan lain yang seukuran, namun jangan di satukan dengan ikan lain yang lebih kecil ukurannya seperti ikan guppy atau neon tetra karena ikan manvis ini bisa menjadi pemangsa ikan kecil tersebut.


2. Ikan Discus

Ikan discus merupakan ikan yang memiliki banyak jenis dan warna yang beragam. ikan discus ini biasanya terkenal sebagai ikan orang kaya, karena perawatannya yang tergolong mahal, ikan discus akan terlihat indah di dalam aquascape sobat dengan gerakan nya yang anggun dan warna yang mencolok.


 

untuk memelihara ikan discus ini perlu diperhatikan kualitas air nya ya, karena ikan discus ini sangat sensitiv terhadap perubahan kondisi air, untuk itu sebelum memlihara ikan discus ini ada baiknya sobat cari tau dulu bagaimana cara merawat dan memelihara ikan discus ini, agar ikan discus sobat tidak mati sia sia karena kurang nya pengetahuan tentang ikan tersebut,


3. Ikan Belida

Ikan belida sebenarnya merupakan ikan konsumsi, di suatu daerah biasa di jadikan menu masakan. namun kini ikan belida juga di jadikan sebagai ikan hias karena memiliki bentuk tubuh unik.


 

Ikan belida memiliki warna hitam dan ciri khas bentuk tubuh yang memanjang dan sirip bawah yang bergerak gerak seperti bendera. beberapa jenis belida memiliki bintik atau corak yang indah di tubuhnya. bahkan ada juga belida albino yang berwarna putih namun sangat jarang di temui.

ikan belida merupakan ikan predator, jadi jangan kamu campurkan dengan ikan hias lain ya, karena bisa bisa ikan kesayangan mu yang lain bisa jadi santapan si ikan belida ini.


4. Ikan Silver Dolar


 

Ikan yang satu ini memiliki tubuh pipih yang berwarna ke perak perakan sesuai dengan namanya silver. ikan silver dolar tergolong ikan yang bergerak cepat dan bisa tumbuh besar jadi harus di siapkan tempat yang luas untuk ikan silver dolar ini, karena jika tempat yang kecil, ikan silver dolar ini sering kali berenang cepat menabrak nabrak dinding akuarium, khususnya apabila dia merasa terganggu.

Namun demikian ikan silver dolar ini ikan yang pendamai, bisa di satukan dengan ikan lain yang seukuran, bahkan saya pernah mencampurkan ikan silver dolar ini dengan ikan cupang, barbir, zebra dan molly,dan mereka tetap aman tanpa di ganggu oleh si silver dolar ini.


5. Ikan Bawal

Ikan bawal juga merupakan ikan yang terkenal sebagai ikan konsumsi, emak emak pasti sering melihat ikan ini di tukang sayur.


 

Ikan dengan badan pipih yang berwarna gelap ini memang kerap di jadikan santapan, namun ikan bawal ini juga bisa di jadikan sebagai ikan hias untuk menghiasi akuarium.

selain bentuk tubuhnya yang unik, ikan bawal ini sangat mirip dengan ikan piranha. jadi buat sobat yang belum berani pelihara ikan piranha, coba saja pelihara ikan bawal dalam akuarium dengan jumlah yang banyak, secara sekilas orang pasti akan menyebut ikan piranha.


6. Ikan Black Skirt Tetra

Ikan black skirt tetra merupakan ikan hias yang juga paling sering ditemui di toko toko ikan hias, ikan black skirt tetra ini memiliki bentuk tubuh pipih dan warna hitam di bagian perut sampai ekor.


 

untuk memelihara ikan black skirt tetra ini pun cukup mudah, dan juga ikan ini merupakan ikan yang bisa di satukan dengan ikan lain yang seukuran seperti ikan barbir, sumatra atau ikan cupang.

ikan ini seringkali terlihat bergerombol dalam satu koloni, sehingga ada baiknya sobat memelihara dalam jumlah banyak dalam akuarium, agar terlihat efek bergerombol nya.


7. Ikan Glofish Tetra

Ikan glosfish tetra merupakan ikan kekinian, karena ikan ini merupakan ikan hasil rekayasa genetika yang di buat oleh manusia baru baru ini, untuk sejarah ikan glofish ini sudah pernah kita bahas di video sebelumnya ya, 


 

memang ikan ini merupakan ikan black skirt tetra yang di modifikasi sehingga menghasilkan warna yang beraneka ragam yang akan berpendar jika terkena cahaya uv.

untuk merawat ikan glofish tetra ini juga cukup mudah sama seperti merawat ikan tetra pada umumnya.

saat ini sudah banyak yang menjual ikan glofish tetra ini di pasaran, dan harganya pun juga sudah cukup murah, 


nah itu saja dulu pmbahasan kali ini mengenai jenis jenis ikan hias bertubuh pipih yang populer versi ikan hias mania, sebenarnya masih banyak lagi jenis ikan hias bertubuh pipih lainnya.

bagaimana apakah sobat tau ikan bertubuh pipih lainnya yang belum di sebutkan tadi? silahkan tulis di kolom komentar ya.


0 Response to "Jenis jenis ikan hias bertubuh pipih yang unik dan indah"

Posting Komentar

Advertisement