Banner adz

Tips Ternak ikan Cupang Agar Dapat Hasil Memuaskan

Pada postingan sebelumnya, saya sudah berbagi mengenai Cara Beternak Ikan Cupang, silahkan sobat klik link tadi untuk mengetahui bagaimana cara beternak ikan cupang.

karena banyaknya email masuk menanyakan bagaimana agar ternak ikan cupang bisa berhasil dan dapat anakan ikan cupang yang banyak, maka pada postingan kali ini saya ingin berbagi tips ternak ikan cupang agar dapat hasil memuaskan.

nah saya anggap sobat sudah bisa membedakan ikan cupang jantan dan betina, jika belum, silhkan sobat buka postingan sebelumnya tentang Cara Beternak Ikan Cupang.

oke pertama sobat sediakan tempat, boleh akuarium kecil. isi air jangan terlalu penuh, cukup setengah saja, atau sekitar 10 cm, kalau saya malah tidak terlalu tinggi permukaan air nya, hal ini untuk berjaga-jaga jika nanti indukan jantan tidak mau mengasuh anak nya, jadi burayak yang jatuh ke dasar tidak terlalu tinggi untuk naik ke permukaan.

untuk indukan ikan cupang, indukan betina pilih yang sudah benar-benar siap kawin, terlihat dari perutnya yang besar dan terlihat telurnya penuh, ukuran jangan lebih besar dari indukan jantan, dan jangan terlalu galak ya, kasian nanti jantannya di omelin kalau betina nya galak, haahha...
untuk indukan jantan pilih yang sudah matang dan siap memijah, ukuran harus lebih besar dari betina, tapi juga jangan besar-besar amat kalii... nanti di anggap phedofil, wkwkkww...

jika sudah masukan indukan jantan, biarkan seharian di akuarium tadi. kemudian masukan indukan betina bersama wadah nya (toples/botol) jangan langsung di campurkan.



biarkan indukan berkenalan, ikan jantan akan membuat sarang busa, jika sudah terdapat sarang busa yang lumayan, campurkan indukan betina.


Baca Juga: Tips Jitu Mengobati Penyakit sisik nanas pada ikan cupang



biasanya keesokan harinya ikan akan memijah, dan sudah mulai terlihat penampakan telur.



nah jika ikan sudah selesai memijah, sobat bisa lihat jika indukan betina sudah di pojokan dan indukan jantan sibuk di sarang busa nya, maka sobat bisa segera pisahkan indukan betina, hati-hati memisahkannya jangan sampai ikan kaget dan merusak sarang busa, bisa berantakan nanti telurnya gagal deh, heheh...
segera rawat ikan betina yang luka2 dengan air daun ketapang, tapi biasanya saya jarang menemui ikan betina saya yang terluka amat parah jika melakukan langkah2 di atas, bahkan hampir tidak pernah lecet sedikitpun :) .

kemudian biarkan indukan jantan mengurus telur, dan beberapa hari akan terlihat burayak.
nah jika sobat perhatikan setelah ikan kawin tapi jantannya memangsa telur (telur di masukan ke mulut tapi tidak di keluarkan lagi ke sarang busa) maka segera angkat jantan tadi, dan biarkan telur menetas sendirinya. innilah tujuan mengisi air tidak terlalu penuh, agar anak ikan cupang yang baru menetas yang jatuh ke dasar bisa berenang naik ke permukaan tidak terlalu jauh.

setelah menetas, jangan langsung angkat indukan jantan, jika anakan sudah bisa berenang barulah angkat indukan jantan.

anakan ikan cupang langsung kasih kutu air saja,, jangan terlalu sedikit, kalau saya biasanya kasih sampai kutu air terlihat menggerombol di pojokan.


Baca Juga: Cara Kultur Kutu Air dengan mudah


kontrol terus jangan sampai anakan ikan cupang kehabisan pakan, beri terus kutu air, setelah agak besar barulah beri pakan jentik nyamuk.

nah dalam masa pembesaran ini biasanya akan terlihat anakan ikan cupang yang tubuhnya lebih besar sendiri di bandingkan anakan ikan cupang lainnya, sobat boleh sortir dan pisahkan anakan ikan cupang yang sudah  besar sendiri tadi, karena saya sering melihat ikan yang besar ini memangsa ikan yang lebih kecil kalau kekurangan pakan, yah rajin rajin lah me nge cek anakan tadi, cek juga di dasar apakah ada hama pemangsa seperti larva capung atau lainnya, karena sering kali larva ini memakan anakan ikan cupang.

setelah agak besar barulah sobat bisa sortir pilih mana jantan dan betina untuk sobat jual atau untuk di rawat sebagai indukan.

oke itu saja tips dari saya tentang tips ternak ikan cupang agar dapat hasil memuaskan, selamat mencoba semoga berhasil..

0 Response to "Tips Ternak ikan Cupang Agar Dapat Hasil Memuaskan"

Posting Komentar

Advertisement