Banner adz

Cara Menanam Bibit Carpet Seed Aquascape

Untuk sobat pecinta aquascape, biasanya untuk tumbuhan karpet menggunakan beberapa jenis, ada banyak tumbuhan aquascape yang bisa di gunakan agar aquascape terlihat indah, salah satunya yaitu carpet seed, tumbuhan ini bisa di dapat di toko ikan hias, biasa nya di jual berupa bibit yg di kemas dalam botol kecil.

Nah jika sobat sudah membelinya maka selanjutnya tinggal tanam saja di aquascape sobat, bagaimana caranya?

Berikut ini cara menanam bibit carpet seed di aquascape, untuk cara membuat aquascape dengan mudah bisa sobat lihat di artikel sebelumnya.
Berikut ini adalah langkah yang tepat untuk memulai penanaman carpet seed Anda. Awal mula yang benar akan memberikan Anda hasil yang maksimal.

1. Siapkan carpet seed atau mini dwarf seed yang unggul. Dapat Anda beli di toko ikan hias terdekat atau banyak juga di jual di toko online.
2. Siapkan akuarium kosong dan lampu akuarium, jangan lupa siapkan pula substrat atau media tanam berupa pasir malang atau juga dapat dicampur batu bata yang telah dihancurkan (tidak perlu sampai halus), serta pupuk dasar untuk meningkatkan kesuburan dari substrat yang disiapkan.
3. Taburkan pupuk dasar sebagai lapisan pertama, atau bisa juga pasir yang telah dicampur pupuk dasar.
4. Mulai masukkan pasir malang atau pasir malang yang telah dicampur dengan pecahan batu bata sebagai lapisan kedua.
5. Ketebalan media tanam yang disarankan adalah sekitar 2 cm, lalu genangi air sekitar 1-1,5 cm (di bawah permukaan media tanam). Mengapa harus di bawah media tanam? Karena tujuan kita disini adalah untuk melembabkan media tanam yang akan ditaburi carpet seed, namun tidak membuatnya menjadi terlalu basah sehingga benih bisa busuk.
6. Buka tutup botol kemasan carpet seed yang Anda miliki, tutup dengan plastik bening atau kantong plastik biasa, ikat dengan karet gelang permukaan botolnya agar tercipta tutupan plastik tipis yang ketat.
7. Ambil tusuk gigi, lubangi plastik tadi sebanyak tiga atau empat lubang.
8. Taburkan carpet seed seperti layaknya Anda membubuhkan merica ke sajian yang ingin Anda nikmati, namun usahakan agar rata di semua media.
9. Jika sudah dirasa cukup rata taburannya, siapkan sprayer lalu set semprotannya menjadi yang paling halus, lalu spray benih dengan tujuan melembabkannya saja, jangan sampai bijinya tergenang.
10. Lakukan penyinaran dengan lampu aquarium selama 6 sampai 8 jam per hari, semprot air setiap pagi dan sore (dalam 7 hari pertama).
11. Tiga hari setelah disemai biasanya sudah mulai keluar kecambah
12. Pada hari ketujuh tanaman-tanaman yang sudah tumbuh sudah bisa digenangi dengan air secara penuh.



Nah, bila sobat melakukannya dengan benar maka setelah beberapa hari akan terlihat perubahan sedikit demi sedikit, hingga akuarium sobat menjadi hijau.

demikian lah cara menanam bibit carpet seed di aquascape sobat, silahkan di coba, semoga berhasil

0 Response to "Cara Menanam Bibit Carpet Seed Aquascape"

Posting Komentar

Advertisement