Banner adz

Cara Mudah Ternak Ikan Gabus

Ikan gabus merupakan predator air tawar, bentuk tubuhnya hampir mirip dengan ikan lele, hanya saja tidak berkumis. cara menernakannya pun hampir sama dengan cara beternak ikan lele.

Ikan gabus memiliki banyak manfaat looh, tubuhnya mengandung banyak albumin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, seperti halnya lendir ikan lele yang bisa menyembuhkan diabetes, sehingga banyak orang mencari ikan gabus ini.

nah mungkin sobat tertarik untuk mencoba menernakan ikan gabus ini, setelah terbiasa menernakan ikan cupang, mari kita coba sekali-kali beternak ikan gabus ini.

pertama kita siapkan dulu indukannya, kenali perbedaan indukan ikan gabus jantan dan ikan gabus betina.
cara membedakannya yaitu:

- Ikan gabus jantan biasanya akan mempunyai bentuk kepala yang oval dan ikan gabus betina yang berbentuk bulat.
- Warna tubuh ikan gabus jantan sedikit gelap dan pada ikan gabus betina terdapat warna kontras yang cukup terang.
- Lubang genital pada ikan gabus jantan biasanya berwarna merah dan jika di tekan akan keluar cairan bening dan pada ikan gabus betina jika di tekan pada bagian perut akan mengeluarkan telur, bertekstur lembek dan cenderung berukuran lebih besar dari pada perut ikan gabus jantan.

Nah demikian lah perbedaan ikan gabus jantan dan ikan gabus betina.
selanjutnya kita siapkan tempat untuk memijahkannya, bisa berupa kolam semen atau kolam terpal ya sob.

setelah kolam siap, masukan kedua indukan ke dalam kolam pemijahan, oh iya jangan lupa masukan tumbuhan atau tempat berlindung seperti ijuk misalnya untuk menempelkan telur.

setelah beberapa hari biasanya 3-4 hari akan mulai bertelur, biasanya ikan gabus ini merawat anakannya, namun sebaiknya pisahkan indukan dan telurnya untuk menghindari telur di mangsa oleh induknya, telur bisa di angkat dan pindahkan ke akuarium khusus agar lebih terpantau.

setelah beberapa hari telur akan menetas dan larva ikan gabus ini belum perlu di beri makan karena masih mengandung kuning telur.

setelah beberapa hari kuning telur akan habis, kita bisa memberi makan kutu air, dan setelah agak besar bisa kita beri jentik nyamuk atau pelet khusus.

nah setelah agak besar bisa sobat pindahkan ke kolam lebih luas agar cepat besar.

demikianlah info kali ini tentang cara beternak ikan gabus, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Ternak Ikan Gabus"

Posting Komentar

Advertisement