Banner adz

Ikan ini ditemukan nelayan, benarkah akan terjadi gempa besar?

Ikan oarfish kembali ditemukan oleh nelayan di perairan Kepulauan Selayar di Sulawesi Selatan pada 8 Desember 2019.
Panjang ikan oarfish ini sekitar 3 meter, berwarna cantik dengan bintik hitam dan merah pada siripnya.

Kemunculan ikan oarfish itu mendadak viral usai diunggah sebuah akun Facebook bernama Irma Yanti Irma. Dalam unggahan video tersebut, dirinya menulis "Hasil pancinganya Andi Saputra…".

Menurut mitos, jika ikan oarfish ini di temukan atau terlihat naik ke permukaan maka itu pertanda gempa besar akan terjadi.

Apakah hanya mitos belaka atau fakta?
Beberapa penjelasan ilmiah berikut mungkin bisa jadi benar adanya.

Yang pertama, sejumlah komunitas akademik menilai bahwa mitos itu ada benarnya. Mengingat habitat ikan oarfish yang berada di laut sedalam 1.000 meter memungkinkannya peka terhadap pergerakan lempeng Bumi di dasar laut.

Ditambah lagi, mungkin saja ikan itu mampu mendeteksi dini tumbukan lempeng di dasar laut yang dapat menjadi sebab terjadinya gempa.

Menurut beberapa peristiwa, seminggu sebelum gempa berkekuatan 8,9 Skala Richter dan tsunami besar melanda pantai timur Jepang pada 11 Maret 2011, ditemukan banyak oarfish yang naik ke daratan pantai Jepang dan sebagian tersangkut di jaring nelayan.

Sejatinya, sudah lama diyakini penduduk Jepang, ikan oarfish yang berenang ke permukaan--dari dasar laut yang dalam--adalah pertanda datangnya gempa bumi.

Laman The Telegraph juga pernah memuat artikel tentang oarfish yang muncul ke permukaan sebelum terjadi gempa besar di Chile dan Haiti pada 2010 silam.

Namun, para ilmuwan masih skeptis dengan anggapan bahwa ikan oarfish  adalah pertanda gempa.

Namun beberapa penelitian juga membantah bahwa kemunculan ikan oarfish adalah pertanda gempa besar akan datang.

Menurut Kabid Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, ikan oarfish yang notabene ikan laut dalam ke permukaan juga bukanlah pertanda gempa besar dan tsunami.

Menurut teori oseanografi, kemunculan biota laut dalam ke permukaan hingga terbawa ke pesisir berkaitan dengan fenomena upwelling.
Upwelling adalah sebuah fenomena di mana air laut yang lebih dingin dan bermassa jenis lebih besar bergerak dari dasar laut ke permukaan. Dalam fenomena upwelling biasanya kemunculannya ikannya banyak.

Nah dengan di temukan nya ikan oarfish oleh nelayan di perairan kepulauan Selayar tersebut apakah sebagai pertanda gempa besar dan tsunami akan datang?
Wallahu'alam

0 Response to "Ikan ini ditemukan nelayan, benarkah akan terjadi gempa besar?"

Posting Komentar

Advertisement