Banner adz

Cara Merawat Ikan Pristella Tetra,

Pada postingan kali ini kita akan bahas mengenai ikan hias dengan tubuh transparan yang jarang di temui di toko ikan hias. 

Inilah pristella tetra. 



Pristella tetra merupakan ikan hias yang mendiami perairan pesisir timur laut Amerika Selatan. 

Ikan ini termasuk ikan yang kuat dan cocok untuk pemula, karena ikan ini tidak banyak menuntut dan sama sekali tidak pilih-pilih tentang jenis air.

Di alam aslinya, ikan ini ditemukan di air payau dan air lunak. 


Ikan dengan nama ilmiah Pristella maxillaris ini memiliki ciri tubuh transparan yang berwarna keperakan hingga kekuningan, memiliki bintik besar di sirip punggung dan dubur, serta ekor berwarna kemerahan. Sirip punggung dan sirip dubur dimulai dengan garis kuning yang berubah menjadi garis hitam dan berakhir di ujung putih. 

Ikan ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang 5 cm dan bisa bertahan hidup hingga 4-5 tahun. 


Ikan ini juga biasa disebut X-ray Tetra karena tubuhnya yang berwarna kuning keperakan cukup transparan. Bahkan ikan ini ada juga versi albino yang juga dikenal sebagai Golden X-ray Tetra, memiliki mata berwarna merah muda dan bintik-bintik merah muda, tetapi warna tubuhnya lebih pudar. Versi albino ini bahkan lebih mudah untuk dikembangbiakkan. 



Dalam hal makanan, mereka memakan semua jenis makanan hidup, segar, dan serpihan. Jadi kamu tidak perlu pusing memikirkan untuk makanan ikan ini. 


Jika kamu ingin memelihara nya dalam akuarium, coba beri tumbuh tumbuhan yang di tanam di area samping dan belakang, dan berikan ruang terbuka untuk berenang di bagian depan. 

Karena ikan ini merupakan ikan kelompok, ada baiknya kamu pelihara dalam jumlah banyak, minimal 6 ekor dalam akuarium kamu agar terlihat keindahan dari ikan pristella tetra ini. 


Ikan ini berkarakter damai, sobat bisa mencampurkan ikan ini dengan ikan yang berkarakter damai lainnya dalam akuarium kamu,  seprti ikan pensil, Corydoras, rasbora kecil, guppy, molly dan kuhli loach.


Pristella Tetra adalah ikan petelur dan cukup mudah untuk berkembang biak. 

Bagian tersulitnya adalah menemukan pasangan yang cocok untuk ikan ini . Mereka tampaknya pilih-pilih terhadap pasangannya, dan terkadang pejantan tidak responsif. 

Untuk membedakan ikan jantan dan betina dapat dilihat dari bentuk tubuhnya, ikan jantan lebih ramping di banding ikan betina, dan pada ikan betina terlihat telur di perutnya yang membulat. 

Sobat bisa memijahkan ikan ini secara berpasangan ataupun berkelompok. 


Sebelum dipijahkan sebaiknya letakkan pejantan dan betina di akuarium terpisah, beri pakan yang bergizi. 

Kemudian campurkan indukan di tempat pemijahan pada malam hari. 

Biasanya mereka akan bertelur di pagi hari. 

Jika sudah terlihat telur, maka pisahkan kedua indukan dari telur nya agar tidak di makan. Dan biarkan telur menetas. 


Bagaimana apakah sobat tertarik memeliharanya? 

Jika sobat kesulitan menemukan ikan ini di toko ikan hias terdekat, sobat bisa coba membeli di toko online, untuk harga ikan ini berkisar antara 2 ribu hingga 5 ribu rupiah per ekor. 


Nah itulah tadi pembahasan kita mengenai ikan pristella tetra, semoga informasi tadi bisa bermanfaat. 



0 Response to "Cara Merawat Ikan Pristella Tetra, "

Posting Komentar

Advertisement