Banner adz

Merawat Ikan Red Tail Catfish

 Ikan lele ini bukan sembarang ikan lele. 

Ikan lele ini malah sering di pelihara sebagai ikan hias. 

Di postingan kali ini kita akan bahas mengenai ikan lele ini. 

Mau tau lengkapnya tentang ikan ini? . 



Hai selamat datang di channel ikan hias mania, di postingan kali ini kita akan bahas mengenai ikan lele yang rakus dan ganas ini. 

Nama ikan ini adalah red tail catfish. Atau ikan lele ekor merah. 

Ikan red tail catfish ini memiliki ciri tubuh sama seperti lele pada umumnya, bagian punggung berwarna kecoklatan, bagian samping agak kekuningan, dan ciri khas sirip punggung dan sirip ekor berwarna oranye-merah. 

Mereka memiliki kepala lebih lebar di banding ikan lele biasa dan dengan kumis panjang, tubuh berwarna hitam tua dan bagian bawah berwarna putih yang memanjang dari mulut hingga sirip ekor. 

Ikan ini memiliki sepasang sungut di rahang atas, dan dua pasang di rahang bawah. 

Kumisnya sensitif dan memiliki sel penerima zat kimia yang digunakan sebagai indera penciuman.

Ikan ini  berasal dari lembah sungai Amazon , dan hanya di temukan di perairan tawar. 

Jika sobat ingin memelihara ikan ini, pastikan sobat menyiapkan tempat yang besar, karena ikan ini bisa tumbuh sangat cepat dan besarnya bisa mencapai hingga 2 m di alam liar, namun untuk di akuarium pertumbuhannya lebih lambat hanya sekitar 1 Sampai 1,5 m saja. 

Ikan red tail catfish ini merupakan ikan predator, mereka memakan apa saja, jadi kamu tidak bisa asal mencampurkan ikan ini dengan ikan hias lain. 

Bahkan ikan ini terkenal sangat ganas dan rakus. 

Mereka bisa memakan ikan lain yang ukuran tubuhnya sama atau lebih besar dari si ikan rtc ini. 

Sangat unik menyaksikan ikan ini memangsa ikan lain yang lebih besar ukurannya, karena ikan ini benar benar menelan hidup hidup mangsanya hingga terlihat perutnya  menjadi sangat besar. 

Ikan ini juga terkenal teritorial, biasa mendiami perairan bagian bawah, bergerak sangat tenang dan lambat, namun sekali ada mangsa akan langsung di kejar dengan cepat. 

Ikan predator lain yang bisa menjadi teman bagi si ikan red tail cat fish ini adalah seperti ikan oscar, pbas, patin, jengiskhan, arwana, dan aligator. 

Karena ikan ini merupakan ikan predator yang rakus dan ganas, jadi jika kamu bosan memelihara ikan ini jangan kamu lepas sembarangan di alam liar ya, karena di khawatirkan akan merusak ekosistem di linkungan tersebut. Mereka bisa memakan habis ikan ikan lokal. Jadi bijaklah dalam memelihara ikan ini. 

Ikan ini biasanya aktiv pada malam hari, jadi pada siang hari biasanya mereka hanya berenang santai atau bersembunyi di bebatuan. 

Sobat bisa memberi pakan untuk ikan ini berupa udang, ikan kecil, daging yang di potong2 ataupun jangkrik. 

Perlu di perhatikan mengenai pakan ikan ini, karena ikan ini tergolong rakus, dan jika kamu telat memberinya pakan sehingga ikan ini kelaparan, bisa bisa ikan lain akan menjadi mangsa nya. 

Untuk perawatan ikan ini tidak terlalu sulit, hnya saja kamu perlu perhatikan beberapa hal. 

Karena ikan ini dapat tumbuh dengan cepat, jadi kamu harus segera menyiapkan tempat yang lebih besar untuk ikan rtc ini. 

Dan juga perhatikan kualitas air, ganti air secara berkala. 

Ikan ini biasa hidup di air dengan suhu hangat antara 24-30 c

Pastikan juga akuarium atau kolam memiliki cukup ruang untuk berenang bagi ikan ini. 


Jika kamu tertarik memelihara ikan ini, kamu bisa membeli nya di toko ikan hias atau toko online seharga 15 ribu hingga 50 ribu tergantung ukuran. 

Oke cukup disini dulu postingan kali ini mengenai ikan red tail cat fish. 

Semoga informasi tadi bisa bermanfaat. 



0 Response to "Merawat Ikan Red Tail Catfish"

Posting Komentar

Advertisement