Banner adz

Mengenal dan Merawat Ikan Uaru, Chiclid Baik Hati

Ikan hias yang satu ini mungkin jarang kamu temui di toko toko ikan hias. 

Buat kamu penghobi ikan hias komunitas, ikan yang satu ini sangat cocok nih untuk di tempatkan bersama ikan lain di dalam tank komunitas mu. 

Nah mau tau lengkap nya mengenai ikan ini? 




Uaru inilah nama ikan hias yangindah ini. Masuk kedalam famili chiclidae yang berasal dari sungai Amazon. 

Tampilan ikan uaru ini memang sangat menarik dengan kulit bewarna kuning kecoklatan dengan sapuan warna hitam di bagian pangkal ekor hingga belakang insang.matanya berhiaskan garis merah serta kuning yang memutari pupil hitamnya. Gabungan warna itulah yang membuat ikan ini menarik. 

Ikan ini dapat tumbuh hingga mencapai ukuran 20 cm, untuk itulah sobat perlu mempersiapkan akuarium besar jika ingin memeliharanya. 

Di habitatnya ikan ini memiliki kesukaan memakan tumbuhan dan larva ataupun cacing. Untuk pemeliharaan di akuarium, sobat bisa memberi pakan berupa jentik nyamuk, cacing darah, dan cacing sutra. 

Untuk pemberian pakan cukup 2x sehari saja, yaitu pada pagi dan sore hari. 

Pemberian pakan jangan terlalu banyak agar tidak tersisa dan menyebabkan air menjadi keruh. 

Ikan ini menyukai air yang jernih. 

Air yang ideal untuk ikan uaru ini adalah dengan ph 7,serta suhu antara 24 sampai 28* celcius. Jadi akuarium dengan tambahan heater atau pemanas akan lebih baik untuk kesehatan ikan ini. 

Untuk kelengkapan akuarium, substrat bisa di berikan pasir halus, Pilih substrat yang tidak memiliki ujung yang tajam dan karena Uaru suka menyaring substrat untuk mencari makanan.berikan juga ranting ranting agar menyerupai habitat aslinya, tidak perlu memberikan tumbuhan air, karena sebagian tumbuhan akan di makan oleh ikan uaru ini. 

Ikan yang berbentuk cakram ini memiliki warna yang berbeda tergantung pada umurnya.warna Ikan uaru akan terlihat lebih hitam saat masa pemijahan. 

Ikan remaja seringkali berwarna kusam dengan pola belang-belang. Warna kusam ini merupakan kamuflase penting yang membantu melindungi ikan ini. Warnanya membuatnya tampak seperti daun mati, sehingga ikan yang lebih besar mengabaikannya. 

Cichlid Uaru bukanlah ikan yang agresif, sehingga bisa sobat satukan dengan ikan lain. 

Ikan uaru berkembang biak dengan cara bertelur, Mereka mencapai kematangan antara usia lima atau enam bulan. 

Cichlid Uaru jantan dan betina tampak sangat mirip satu sama lain. Hal ini membuat sulit untuk membedakannya.namun biasanya dibedakan dari tanda genital nya. Ikan jantan mempunyai papila genital yang lebih runcing dibandingkan betina dan tumbuh sedikit lebih besar dibanding ikan betina. 

Jika sobat ingin membiakkan ikan ini, cara termudah biasanya adalah dengan membesarkan sekelompok 6-8 ikan muda bersama-sama dan membiarkannya berpasangan untuk memijah. 

ikan Betina biasanya meletakkan telurnya di permukaan datar, seperti batu datar, kaca, atau pot bunga. 

Benih akan menetas dalam waktu 2-4 hari dan kemudian dipindahkan oleh induknya ke lubang pemijahan yang digali di dalam kerikil oleh indukan. Mereka tetap berada di dalam lubang sampai bisa berenang bebas 3-4 hari kemudian.

Sobat tidak perlu memberi makan benih Uaru, karena induknya akan mengeluarkan lendir dari sisi tubuhnya untuk dimakan oleh anaknya. 

Saat burayak berumur sekitar dua minggu, sobat bisa mulai memberi mereka makanan serpihan halus seperti artemia atau kutu air halus. 

Jika diberikan makanan yang tepat dan dipelihara dalam kondisi yang sesuai, benih Uaru akan tumbuh dengan sangat cepat.

Jika sobat tertarik memelihara ikan uaru ini, sobat bisa membelinya di toko ikan hias tertentu atau bisa juga membeli secara online. 

Untuk kisaran harga ikan uaru di toko online yaitu mulai dari 40 ribu rupiah per ekornya. 


Nah demikianlah tadi informasi mengenai ikan ciklid uaru, semoga informasi tadi bermanfaat, 




0 Response to "Mengenal dan Merawat Ikan Uaru, Chiclid Baik Hati "

Posting Komentar

Advertisement