Banner adz

Semua Hal tentang Ikan Mola, yuk kenalan

Hai sobat ikan hias berjumpa kembali di blog ikan hias mania. 

Kita sudah banyak membahas ikan hias yang bisa kamu pelihara baik itu di kolam maupun di akuarium. 

Nah postingan kali ini kita akan bahas ikan yang sangat unik namun tidak bisa kamu pelihara dimana pun, 

Penasaran ga nih? 




Pernahkah kamu mendengar nama ikan mola? 

Sebagian dari kamu pasti pernah mendengarnya dan sudah tau ikan mola, namun bagi sobat yang belum tau ikan mola, yuk ah langsung aja kita bahas. 


Ikan mola atau biasa juga dikenal dengan sebutan sunfish ini ternyata merupakan salah satu  ikan purba. 

Ikan mola ini memiliki bentuk yang sangat unik, penampilannya tampak buntung dan berbentuk seperti peluru karena sirip belakangnya yang tidak pernah berkembang. Seiring bertambahnya usia, sirip tersebut justru melipat dan membentuk bagian bulat bernama clavus

Ikan mola memiliki tekstur kulit yang kasar dan berwarna perak, 

Ikan mola-mola memiliki  kulit yang unik, dimana jika dilihat dari jauh kulitnya seperti licin dan berlendir, tapi jika kita sentuh maka akan terasa berat dan keras seperti batu.

Ikan mola-mola terdapat diseluruh perairan di dunia kecuali kutub Utara dan Selatan. Kamu bisa menemukan ikan mola ini di perairan hangat. 

Ikan ini diketahui sebagai ikan bertulang belakang terberat dan terbesar di dunia. 

Dengan ukuran tubuh sekitar 10 kaki atau sekitar 3,05m  Dan berat rata-rata sekitar 247 sampai 1000 kg. bahkan ikan mola-mola terbesar memiliki berat hingga 2,5 ton waw besar banget ya sob. 



Karena tidak punya ekor, membuat ikan mola ini menjadi lambat dalam berenang yang menyebabkan ia sering terbawa arus air yg membuat ia sering terdampar

Meski sebenarnya  ikan mola bukanlah jenis ikan yang berbahaya bagi manusia. Namun beberapa kasus menunjukkan jika ikan mola mampu menyebabkan kapal tenggelam. Hal ini dikarenakan gerakan dari ikan mola yang terbilang lambat. Sehingga ketika ada kapal datang, ikan mola tidak bisa menghindar dan terjadi tabrakan

Ikan mola biasa juga di sebut Sunfish, tidak sembarangan disebut sunfish (ikan matahari), melainkan nama tersebut diambil dari kebiasaan ikan mola yang suka berjemur.

ikan ini merupakan hewan yang sangat mudah terkena serangan parasit, sehingga untuk menghilangkan parasitnya dengan cara Berjemur,  Jadi sunfish atau ikan mola akan membaringkan tubuhnya satu mengarah keatas dan satu lagi kebawah dan membalikkan tubuhnya beberapa menit sekali sehingga seluruh tubuhnya terkena cahaya matahari. Terkadang sunfish suka mengepakkan sirip punggung mereka saat berjemur, 

dalam hal makanan, ikan ini sangat suka sekali dengan ubur ubur, Selain ubur-ubur ikan mola juga suka salpa, ikan kecil, plankton, alga, moluska, dan ikan laut. 

Ikan mola-mola termasuk hewan tersubur didunia. Dalam sekali melahirkan, seekor betina sunfish dapat melahirkan hingga 300 juta ekor, waw banyak banget ya.

Saat menetas, larva ikan mola berukuran sangat kecil (sekitar 2mm) dan berbentuk seperti ikan buntal dengan duri-duri dan memiliki ekor. Semakin tumbuh besar, duri-duri dan ekor tersebut lambat laun akan menghilang. Dari larva berukuran 2mm itu akan menjadi ikan sunfish berukuran 2m atau lebih saat dewasa nanti.

 ikan mola saat ini sudah masuk ke dalam kategori hewan yang terancam punah. Maka dari itu baik pemerintah, maupun pemerintah dunia memberikan instruksi perlindungan bagi ikan mola dari ancaman perburuan liar yang mengakibatkan menurunnya populasi kehidupan ikan mola.


Jadi kalau kamu ketemu ikan mola ini di laut, jangan kamu bawa pulang buat kamu pelihara ya sob, lagian ikan mola ini butuh tempat luas kan. 


Oke itulah tadi pembahasan kita mengenai ikan mola, semoga informasi tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu mengenai dunia ikan. 




0 Response to "Semua Hal tentang Ikan Mola, yuk kenalan "

Posting Komentar

Advertisement