Banner adz

Merawat dan Memelihara Ikn Ctenoppma

 Berberapa ikan memiliki warna tubuh yang menyerupai lingkungannya. Ada yang menyerupai pasir, bebatuan dan lainnya. Mereka menyerupai lingkungannya dengan tujuan untuk bertahan hidup, menyamar untuk menunggu mangsa nya yang lengah, ataupun menyamar untukmeloloskan diri dari pemangsa. 

Nah postingan kali ini kita akan membahas salah satu ikan hias yang memiliki bentuk tubuh dan corak warna yang menyerupai daun. 




Leopard Bush Fish, nama ilmiahnya Ctenopoma Acutirostre atau lebih di kenal di Indonesia dengan nama ikan daun atau Gurame Afrika. 

Ctenopoma adalah ikan yang termasuk kedalam suku Anabantidae atau masih satu suku dengan ikan gurami, sepat dan betok.

Ikan ini berasal dari Lembah Sungai Kongo di Afrika Tengah. 

 Ikan ini disebut ikan daun karena bentuknya seperti daun kering berwarna dasar kuning gelap dengan bintik-bintik coklat tua di seluruh tubuhnya. 

Di alam liar mereka dapat tumbuh hingga 20cm

 ikan ini juga termasuk kedalam ikan yang bersifat predator karena saat di alam liar mereka memakan beragam hewan air, moluska, udang dan ikan ikan kecil. Sedangkan untuk pemeliharaan di aquarium, sobat bisa memberi pakan cacing sutera, udang dan pelet.

Namun terkadang ada beberapa ikan daun yang tidak menyukai pelet, mereka hanya menyukai pakan hidup. 

Ikan Daun dapat di tempatkan di akuarium komunitas dengan ikan damai dengan ukuran yang lebih besar dari mereka seperti ikan rainbow merah, kongo tetra, manvis dan lainnya. 

Namun jangan coba coba mencampurkan ikan ini dengan ikan lain yang lebih kecil ukurannya ya, seperti ikan guppy, ikan neon tetra dan udang hias karena bisa bisa bukannya menjadi teman, malah menjadi santapan si ikan daun ini. 



Ikan daun masih saudara dengan ikan gurame, jadi mereka cocok di jadikan teman dalam satu akuarium. Selain ikan gurame ikan-ikan yang cocok di jadikan satu dengan ikan daun diantaranya Bala Shark, Silver Dollar, Sapu-sapu Atau pleco, Ikan lele atau sejenis catfish seperti sunodontis dan beberapa ikan damai yang berukuran besar juga tidak masalah di jadikan satu Ikan ini dengan ikan daun.

Ikan ini di alam nya sering berada di antara tumbuhan air yang banyak dedaunan, untuk itu sebaiknya beri pencahayaan redup pada akuarium sobat, karena ikan ini Lebih menyukai akuarium remang-remang dan banyak tumbuh tumbuhan air untuk tempat bersembunyi. 

Ikan ini menggunakan strategi kamuflase yang menarik dengan meniru dedaunan yang berguguran dan puing puing yang terendam. 

Sehingga secara efektif menipu ikan yang lewat untuk di mangsa, atau pun untuk menipu pemangsa agar ikan ini tidak menjadi santapan. 

Ikan daun ini berkembang biak dengan cara bertelur, cara mengetahui ikan jantan dan betina yaitu pada ikan jantan memiliki lebih banyak duri pada penutup insangnya dibanding ikan betina. ikan jantan akan membuahi telur telur nya pada saat pemijahan, dan telur telur tersebut biasanya mengapung dan menempel pada tumbuhan yang mengapung. jika sudah terjadi pemijahan, sebaiknya angkat ke dua indukan dari akuarium, dan biarkan telur menetas. 

Telur telur tersebut akan menetas setelah 48 jam dan anak anak ikan daun akan berenang bebas setelahnya, sobat bisa memberikan infusoria, kutu air halus atau artemia. 


Nah itulah tadi informasi mengenai ikan ctenopoma atau ikan daun, apakah sobat tertarik memeliharanya? 




0 Response to "Merawat dan Memelihara Ikn Ctenoppma"

Posting Komentar

Advertisement