Banner adz

Ternak Ikan Discus

Mungkin Ikan Discus adalah ikan favorit banyak orang, karena bentuknya dan warnanya yang indah, bagi sebagian orang, memelihara ikan ini sangat sulit karena rentan mati jika kondisi air tidak pas.
tapi bagi sebagian lain, memelihara ikan ini sangat mudah, bahkan teman saya tanpa sengaja memijahkan ikan ini memijah sendiri di akuarium nya.

nah kali ini saya akan berbagi tips bagaimana menernakan ikan discus, supaya ikan discus kesayangan sobat bisa bertambah banyak ya.

pertama tama-tama Siapkan beberapa aquarium Penjodohan dengan ukuran ; P 1m T 40cm L 40cm, Aquarium pemijahan dengan ukuran ; P 40cm T 40cm L 40cm.
media telur gunakan pvc ukuran 2".suhu air pasang heater dengan kapasitas 27 C - 29 C . gunakan breeding spon dan pompanya untuk aerato air ( air kondisi tenang ,tidak keras atau pergerakan aerator air lembut) berdasar pengalaman kenapa telur ga jadi-jadi ( busuk / jamuran ), ternyata aerator air yang keras / pergerakan air yang keras menimbulkan si pembuahan jantan tidak kuat untuk mencampur / menempel dengan telur sibetina tersebut.


Baca Juga: Cara Mudah Ternak Lobster Air Tawar



kemudian Siapkan indukan 5 - 10 ekor discus yang sudah siap ,tentunya ikan discus yang sudah usia nya di atas 1 tahun .
agar lebih mudah memijahkan, kita harus tau ikan discus yang sudah berjodoh, begini caranya, Semua ikan dimasukan bersamaan di aqurium yang sama dan tunggu, mungkin 2 minggu atau lebih atau sebulan lebih, ikan akan kelihatan yang mana ikan tersebut ada yang berduaan terus dan saling menggerakan badan naik turun serta menggetar- getarkan badan nya,dan menguasai tempat /lokasi di dekat media piva peralon ,buas terhadap ikan yang lainnya. itu menandakan ikan tersebut sudah menjodoh ,dan siap di pisahkan di tempat aquarium pemijahan.

ikan discus yang sudah jadi pasangan ,akan cepat sekali dalam tempo 4 atau 5hari telor langsung turun dan menempel di media pvc tersebut.
penjelasan : ikan discus yang jadi pasangan , ikan akan saling menggerakan badan nya naik turun dan menggetarkan badannya sama-sama dan mulai membersihkan media pvc ( menggigit-gigit pvc tersebut )itu menandakan udah jadi penjodohan. jikalau si ikan mulai bertempur atau yang jantan mengejar- ngejar betina dalam tempo 1 hari, itu tandanya ikan tidak menjodoh dan ikan harus dipisahkan segera.

dalam tempo 3-5 hari akan keluar telur menempel di media pvc tersebut,sebaiknya pengalaman saya media pvc yang udah ada telornya setelah satu hari dikasih ram kawat pelindung ukuran 1cm supaya sang induk masih bisa menjaga, melindungi, atau mengipasi telurnya agar tidak ada jamur yang menempel.

kalau ada yang mendekat apa saja selalu dimakan terutama cacing yang putih kecil ga tau namanya saking sayangnya sama telur , kalau ada yang rusak atau jamuran ,betina selalu memakannya dan terlena / terbiasa atau kemakan semua telurnya dan setelah 2 hari telur akan menetas ,sebagian jamuran dan jangan heran Apabila induknya memakan larva tersebut , tapi bukan memakannya hanya memindahkan posisi atau membersihkan sisa-sisa telur yang menempel pada larva tersebut. ke4 harinya larva akan  mulai berenang dan mulai menempel sebagian ke induknya.

Dalam waktu 6-7 hari larva-larva akan berterbangan dari sarangnya, hal inilah yang ditunggu tunggu bagi breeder karna larva-larva tersebut mulai belajar berenang ke arah induknya terutama kebanyakan menempel pada induk yang berwarna gelap,

tips dari saya angkat benda benda gelap dari dalam aquarium terutama batu aerator ganti dengan warna yang terang serta aquariumnya sekelilingnya di cat putih dan diberi penerangan menyeluruh ke aquarium hal hal tersebut di lakukan supaya hasil panennya maksimal dan larva ikan akan langsung ke menempel ke tubuh induknya yang berwarna gelap.sebelumnya indukan juga dikasih makan tidak seperti biasanya dikurangi setengahnya  supaya air dalam aquarium tidak cepat keruh atau kotor, setiap hari aquarium harus di bersihkan kotorannya sebanyak 10% dan di isi kembali dengan air yang sudah di endapkan dan diberi aerasi yang kuat, apabila kotorannya tidak di bersihkan dapat berpengaruh bagi kesehatan larva ikan.


Baca Juga: Ikan Hias Si Penghilang Stress



 Larva pun hanya makan dari kulit / lendir yang menempel pada badan indunya. terus selanjutnya hari ke 10 ,saya mulai mengasih makanan tambahan buat larva, saya kasih artemia, Kalau saya sendiri sich sangat sangat menghindari yang namanya cacing sutra atau cacing rambut karena di dalamnya banyak bibit bibit penyakit yang ikut terbawa lebih baik kasih kutu air atau encuk itu lebih bagus.

nah demikian info dari saya tentang bagaimana beternak ikan discus, selamat mencoba.

0 Response to "Ternak Ikan Discus"

Posting Komentar

Advertisement