Banner adz

Cara Membuat Aquascape Sederhana dan Murah

Apa itu Aquascape? Aquascape adalah merupakan tempat untuk hiasan tanaman di dalam aquarium, sehingga menyerupai ekosistem alami dalam air dan tujuan orang membuat aquascape ini adalah sebagai hiasan rumah dan hobi.

Selain indah, ternyata aquascape ini juga memiliki harga yang cukup mahal harga yang paling murah mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa kita terapkan dalam membuat aquascape ini. Untuk membuat aquascape ini sejatinya tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, bahkan puluhan juta.

Yang sobat butuhkan hanyalah mencari kombinasi antara bebatuan, tumbuhan serta ikan dan udang agar terlihat serasi. Selain itu yang perlu kita perhatikan adalah jangan terlalu banyak dalam menambahkan ikan atau udang, karena fokus kita adalah hanya menanam tumbuhan di dalam air.

nah berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkah Aquarium Kosong Dan bersih


2. Isi Aquarium Dengan Pasir Bersih


3. Beri aquarium Hiasan Kayu


4. Tambahkan Aquascape Dengan Hiasan Batu Agar terlihat Indah


5. Tambahkan Tumbuhan Air Agar terlihat benar-benar seperti Ekosistem Alam


6. Isi Air Perlahan-lahan
Setelah selesai membuat dekorasi aquascape selanjutnya adalah mengisi air. Ya, tentu setiap aquarium harus ada airnya dong? Pada tahap mengisi air ini merupakan tahap yang mudah akan tetapi bila dilakukan dengan cara yang salah akan berakibat fatal.

Kadang pada pemula menuangkan air dengan cara langsung menuang air secara langsung sehingga akan merusak pasir yang dijadikan dasar aquascape aquarium. Hal merupakan kesalahan yang sangat fatal karena akan membuat pasir berantakan selain itu juga pupuk akan langsung terlarut dalam air.

Cara yang benar adalah dengan menggunakan koran atau kertas lain agar air tidak langsung mengenai pasir. Bentangkan koran seluruh penjuru aquarium baru menuangkan air di atasnya secara teratur.

7. Tambahkan Ikan, Lumut dan Udang Hias


Nah jika sudah jadi maka langkah selanjutnya adalah Melakukan Perawatan Aquascape Pra Dekorasi.
Kadang banyak sekali pertanyaan seperti ini yang ditanyakan oleh pemula. Setelah selesai membuat dekorasi jangan membiarkan aquascape begitu saja, lakukanlah perawatan seperti menguras aquarium sehari sekali sebanyak 30% pada minggu pertama, hal ini dilakukan untuk mempercepat cycle bakteri dan juga membuang racun yang dihasilkan oleh aquarium baru.

Pada minggu kedua lakukan pengurasan setiap 3 hari sekali. Setelah itu seminggu sekali semuanya sebanyak 30% dan juga 50%. Selain itu tambahkan pupuk cair setelah aquascape berumur 3 bulan. Perhatikan keseimbangan nutrisi dan cahaya serta Co2. Bila ketiga hal ini berjalan dengan seimbang, sobat tinggal menantikan aquascape tumbuh dengan indahnya.

0 Response to "Cara Membuat Aquascape Sederhana dan Murah"

Posting Komentar

Advertisement