Banner adz

Beternak Ikan Panchax

halo, sobat tau ikan panchax? yuk kenalan dulu,  Ikan Panchax berasal dari India, Burma (Myanmar), dan Thailand. Ikan ini bersifat karnivora dengan suhu pemeliharaan optimal sekitar 24-28° C. Sementara pH optimalnya sekitar 6,5-7,0 dan kekerasan antara 5-8° dH. Ukuran ikan ini dapat mencapai 7-8 cm.

Nah bagus kan? ini salah satu ikan favorit saya looh, saya suka bentuk dan warnanya, bentuknya mirip ikan arwana, dan warnanya mencolok sekali bagus buat hiasan akuarium,
cara memijahkannya pun mudah looh. mau tau? nah ini saya bagikan infonya, yuk mulai memijahkan..

pertama kita siapkan indukan ikan panchax dulu.
cara membedakannya mudah, untuk membdakan ikan panchax jantan dan betina bisa dilihat dari bentuk badan.

Baca Juga: Cara Mudah Mengembangbiakan Ikan Neon Tetra


ikan panchax jantan memiliki tubuh yang ramping, warna lebih mencolok kuning, sedangkan ikan panchax betina memiliki tubuh lebih besar, dan perut agak membulat, juga warnanya yang pudar tidak begitu terang di banding panchax jantan.

lihat gambar, yang atas adalah ikan panchax betina, sedangkan yang bawah adalah ikan panchax jantan.

bagaimana, sudah bisa membedakan nya?
nah langkah selanjutnya adalah memijahkan ikan panchax, memijahkan ikan panchax sangat mudah, bahkan ikan panchax bisa memijah alami di akuarium sobat looh,, cuma nanti telurnya di mangsa ikan lain,

nah kita pijahkan secara khusus agar anakan ikan panchax bisa tumbuh besar.
pertama siapkan wadah pemijahan, ikan panchax bisa di pijahkan masal, tapi kalau sobat tidak punya banyak, ya sepasang saja sudah cukup, yang saya bagikan infonya sekarang adalah cara memijahkan ikan panchax secara sepasang, bukan masal ya,

nah kalau wadah pemijahan sudah siap, jangan lupa sediakan tempat untuk menempel telur, bisa di buat dari tali rafia yg di ikat dan di gunting2 menyerupai ijuk. (itu looh seperti pom pom nya cheer leader, hehhe)

nah jika semua sudah tersedia, sekarang tinggal action bagaimana memijahkan ikan panchax.
sobat bisa langsung meletakan ke dua ikan ke wadah (langsung sepasang) atau bisa juga dengan meletakan jantan terlebih dahulu, kemudian pada saat sore baru campurkan betina, tunggu sampai mereka memijah.

jika sudah memijah, sobat bisa cek pada substrat tadi apakah sudah ada telur yang menempel atau belum, jika sudah, sobat bisa angkat substrat tadi dan pindahkan ke kolam penetasan, atau bisa juga biarkan substrat tadi dan angkat indukan ke tempat lain.

waktu menetas ikan panchax cukup lama loh, bisa 12 atau 14 hari, nah jika sudah menetas, soba bisa memberi makan kutu air atau jentik nyamuk.

Baca Juga: Beternak Ikan Black Ghost


oh iya, sobat harus rajin menyortir anakan ikan panchax ya, ikan yang sudah agak besar segera pisahkan dengan ikan lain yang masih kecil, karena bisa di mangsa oleh ikan yang besar.

nah demikian info dari saya tentang bagaimana beternak ikan panchax, selamat mencoba semoga ikan sobat tambah banyak yaa..


simak juga video nya di chanel youtube kami

0 Response to "Beternak Ikan Panchax"

Posting Komentar

Advertisement