Banner adz

beternak ikan sepat dengan mudah

siapa tak kenal ikan sepat, ikan ini biasa kita kenal ikan rawa, karena memang habitatnya di rawa, namun tidak selalu ikan sepat ini ikan yg hitam kelam tidak indah looh, banyak jenis ikan sepat yang bisa menghiasi akuarium sobat.

jika sobat ingin membudidayakannya mudah saja kok. nah saya akan bagikan cara membudidayakannya dengan mudah, karena saya sudah coba dan berhasil.

pertama kita siapkan tempat untuk memijah, bisa berupa kolam semen atau bak persegi.
siapkan juga tanaman air, apalagi yang mengapung lebih bagus, karena ikan sepat ini memijah dengan membuat sarang busa untuk menempelkan telurnya.

Baca Juga: Beternak Ikan Black Phantom



nah kalau sudah, siapkan indukannya, cara membedakan ikan sepat jantan dan ikan sepat betina adalah:

Sepat Betina
Mempunyai Sirip pungung  yang membulat dan  lebih pendek pendek sehinga panjangnya tidak  mencapai dasar pangkal sirip  bagian ekor.
Sementara ciri lain yang bisa membedakan  sebagai  ikan betina, yakni  bentuk  siripnya yang berbeda dengan yang jantan untuk yang betina lebih tampak jelas karena cirinya mempunyai sirip bulat dan  lebih pendek ukurannya.

Sepat Jantan
Berbeda dengan yang betina,pada  sepat jantan  memiliki sirip pungug  panjang yang panjangnya  bisa mencapai mencapai dasar  pangkal sirip bagian ekor, berarti jika diukur akan terlihat lebih panjang untuk ikan seusia tersebut.
Perbedaan yang lain,bisa diperhatikan  untuk ikan sepat jantan   bentuk dan postur tubuhnya sangat mirip dengan ikan Gurami.

jika sudah maka kita bisa mulai proses pemijahan, segera masukan kedua indukan ikan sepat ke dalam tempat pemijahan, dan biarkan jangan di ganggu-ganggu.
setelah beberapa hari, akan terlihat sarang busa, kita cek apakah sudah ada telurnya atau belum, sarang busa yang terdapat telur warnanya lebih putih padat.

jika sudah terdapat telur, segera pisahkan indukan betina, dan biarkan ikan sepat jantan yang mengurus telur nya.

Baca Juga: Beternak Ikan Discus


setelah beberapa hari, telur akan menetas, tetap biarkan ikan jantan bersama anakan, sampai anak-anak ikan sepat bisa berenang bebas segera pisahkan indukan jantannya, dan biarkan anakan ikan sepat di tempat tadi.


pembesaran anakan ikan sepat bisa di beri pakan kutu air terlebih dahulu, nanti setelah agak besar bisa di beri jentik nyamuk.

nah begitulah info tentang beternak ikan sepat dengan mudah, semoga berhasil ya

0 Response to "beternak ikan sepat dengan mudah"

Posting Komentar

Advertisement