Banner adz

Cara Ternak Ikan Bumblebee Goby (Ikan Goby)

ikan bumblebee goby merupakan ikan asli indonesia, banyak di temukan di pulau Jawa, kalimantan dan Sumatera.

Ikan bumblebee goby memiliki corak warna yang unik, yaitu hitam dan kuning keemasan. Ikan bumblebee goby sebenarnya merupakan penghuni air payau, tinggal di rawa-rawa bakau yang dasar perairannya pasir atau lumpur, sehingga mungkin untuk hidup di dalam tank sobat perlu adaptasi lagi.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Oscar


Ikan bumblebee goby bisa tumbuh hingga berukuran 5 cm saja, dan Ikan bumblebee goby merupakan ikan predator, jadi waspada ya, jangan mencampurkan Ikan bumblebee goby ini di tank sobat dengan udang hias atau ikan hias kecil lainnya, karena bisa di santap habis loh.

nah untuk menernakan Ikan bumblebee goby ini bisa kita coba di rumah, baiklah kalau sobat ingin mencoba tidak ada salahnya kita praktekan bagaimana cara menernakan Ikan bumblebee goby ini di rumah.

Sebelum menernakan Ikan bumblebee goby, pertama kita harus siapkan indukan terlebih dahulu.
nah cara membedakan indukan jantan dan betina Ikan bumblebee goby ini bisa di lihat dari ciri-ciri sebagai berikut.

Ikan bumblebee goby betina biasanya memiliki bentuk tubuh yang agak gemuk membulat dibanding Ikan bumblebee goby jantan yang tubuhnya lebih ramping. namun Ikan bumblebee goby jantan memiliki warna yang lebih mencolok dan cerah di banding Ikan bumblebee goby betina.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Severum


Setelah sobat siapkan indukan Ikan bumblebee goby nya maka selanjutnya kita mulai proses pemijahan Ikan bumblebee goby. yaitu siapkan tempat pemijahan berupa akuarium, siapkan juga tempat bersembunyi di akuarium sobat, bentuk seperti goa-goa atau lubang untuk Ikan bumblebee goby bersembunyi dan membuat sarang.

masukan indukan Ikan bumblebee goby kedalam akuarium pemijahan, dan biarkan beberapa saat, sampai indukan jantan Ikan bumblebee goby membuat sarang.
jika indukan jantan Ikan bumblebee goby sudah menemukan tempat yang tepat maka ia akan menunggu indukan betina Ikan bumblebee goby, dan mereka akan memijah di dalam sarang tersebut.

Saat memijah Ikan bumblebee goby betina bisa memproduksi telur hingga 200 butir, setelah itu Ikan bumblebee goby betina akan meninggalkannya, namun Ikan bumblebee goby jantan lah yang akan merawat telur-telur tersebut hingga menetas.

Ikan bumblebee goby betina tidak berperan dalam mengurus anak-anaknya jadi bisa sobat langsung angkat saja agar tidak mengganggu proses penetasan.
Ikan bumblebee goby jantan lah yang merawat telur-telurnya hingga menetas nanti.

Baca Juga: Jenis Ikan Predator Yang Bisa di Pelihara di Aquarium


jika sudah menetas, anak Ikan bumblebee goby masih makan kuning telur, sampai kuning telur tersebut habis, sobat bisa memberi makan dengan makanan yang halus berupa rotifera atau kutuair halus, sobat bisa juga mengkultur sendiri kutu air jika kesulitan mencari nya di alam.

nah demikianlah tadi tentang cara menernakan Ikan bumblebee goby, semoga bisa di coba dan semoga berhasil.

0 Response to "Cara Ternak Ikan Bumblebee Goby (Ikan Goby)"

Posting Komentar

Advertisement