Banner adz

Langka dan Unik, Inilah Ikan Hias Termahal di Dunia

Ikan hias memiliki harga dan nilai tersendiri, bagi hobiis ikan hias pasti paham ada beberapa ikan yang memiliki nilai tinggi, bahkan ada yang mencapai nilai ratusan juta rupiah.

nah jenis ikan apa saja yang tergolong ikan termahal di dunia? yuk kita simak, siapa tau aja ikan sobat yang sekarang di perlihara merupakan ikan hias termahal di dunia.


1. Arwana Platinum (5,5 Milyar)

 
Arwana Platinum menjadi ikan termahal di dunia, karena bentuknya dan warnanya yang indah. Jenis ikan air tawar yang bisa ditemukan di perairan Afrika, Amerika Serikat hingga Asia Tenggara ini memiliki harga yang sangat paling fantastis untuk saat ini. Bukan hanya itu saja, Arwana Platinum bahkan biasanya memiliki chip khusus di dalam tubuhnya, peralatan ini ditanam dengan tujuan untuk membedakannya dari ikan lainnya.


2. Peppermint Angelfish (400 Juta)
Peppermint Angelfish
Ikan hias yang satu ini merupakan ikan hias air laut, peppermint angelfish menjadi salah satu yang terlangka, bahkan diperlihatkan untuk terakhir kalinya di tahun 2012 kepada khalayak ramai. Corak unik berwarna garis merah dan putih di tubuhnya membuat Peppermint Angelfish begitu menarik, ditambah lagi dengan tingkat kesulitan mendapatkannya yang harus menggunakan kendaraan khusus yang bisa mencapai kedalaman tertentu di bawah laut. 


3. Bladefin Baslet (135 Juta)
Bladefin Basslet
Ikan Bladefin baslet merupakan ikan hias air laut, ikan bladefin baslet Memiliki ukuran rata-rata 1,5 inchi saja, Bladefin Basslet memang begitu mungil dan tentunya sulit ditangkap. 
kita bisa mendapatkan Ikan ini  di perairan dalam sekitar Karibia dan biasanya hanya hidup di celah-celah karang yang terdapat di dasar laut saja.



4. Golden Baslet (110 juta)
Golden Basslet
masih dari penghuni lautan, Ikan laut yang tergolong pemalu ini bisa ditemukan di sekitar perairan Pasifik dan juga Atlantik. Sifatnya yang pemalu membuatnya betah berlama-lama di tempat persembunyian, sehingga semakin sulit untuk ditemukan. Untuk mendapatkan Golden Basslet biasanya akan dibutuhkan perangkap yang dibuat secara khusus.



5. Neptune Grouper (80 Juta)
Neptune Grouper
Neptune Grouper merupakan ikan hias air laut yang dalam, meskipun sesekali bisa ditemukan di area yang sedikit dangkal. Ikan ini memiliki corak yang beragam, bahkan bisa berbeda ketika masih muda dan ketika sudah dewasa. Jika di usia muda ikan ini bercorak kekuningan dan juga oranye, maka ketika dewasa corak ini akan berubah menjadi merah kekuningan. unik bukan?



6. Nami Green Arowana (70 Juta)
Nami Green Arowana
Ikan hias termahal kali ini dari jenis ikan hias air tawar, Meski tidak menjadi jenis arwana yang paling langka, Nami Green Arowana juga sudah mengalami penurunan populasi yang sangat tinggi saat ini. Ikan air tawar yang tadinya cukup banyak ditemukan di perairan air tawar Asia ini sudah semakin sulit ditemukan, karena banyak yang menjadikannya target buruan. Hal ini juga membuat harganya semakin tinggi di pasaran.



7. Australian Flathead Perch (67 Juta)
Australian Flathead Perch
Ikan Australian Flatherad Perch merupakan salah satu ikan hias yang sulit ditangkap, ikan Australian Flathead Perch memang lebih senang bersembunyi di celah karang. Ikan ini bahkan hanya akan keluar sesaat saja, yakni ketika mereka sedang mencari makan.  Jika sobat  ingin mendapatkannya, menyelam ke dasar laut adalah hal yang tidak bisa ditawar. Dengan tingkat kesulitan seperti ini, wajar saja jika harga Australian Flathead Perch ini bisa semahal itu.



8. Wrought Iron ButterflyFish (32 Juta)
Wrought Iron Butterflyfish
Ikan hias air laut yang hanya berukuran sekitar 6 inchi ini termasuk jenis ikan mungil dan pada umumnya mudah ditemukan di perairan Jepang. Tergolong ke dalam jenis Butterflyfish, ikan Wrought Iron Butterflyfish juga terbilang lincah dan gerakannya begitu menarik.  Wrought Iron Butterflyfish memiliki warna dasar hitam keabu-abuan dengan tambahan garis yang berwarna kuning terang di sekitar area siripnya. warnanya yang indah dan bentuknya yang unik menjadikan ikan hias ini bernilai tinggi.



9. Clarion Angelfish (30 Juta)
Clarion Angelfish
Ikan hias clarion angelfish yang satu ini bisa ditemukan di area pantai lepas Pasifik Meksiko, Kepulauan Revillagigedo, tepatnya di sekitar pulau Cipperton yang terpencil. Meski ukurannya terbilang kecil, Clarion Angelfish memang memiliki warna yang cantik dan cerah, sehingga sangat menarik minat para kolektor. Untuk memelihara ikan ini, dibutuhkan izin resmi dari pemerintah Meksiko, jadi sobat tidak bisa sembarangan memeliharanya ya.




10. Candy Baslet (14 Juta)
Candy Basslet

Ikan candy baslet merupakan ikan hias air asin yang bisa ditemukan di sepanjang Pantai Curacao di perairan Karibia. Ikan langka ini termasuk dalam kelompok ikan hias yang kaya akan warna yang sangat beragam, namun terbilang sulit ditemukan. 

Kemampuannya yang baik dan senang bersembunyi di antara celah karang membuat Candy Basslet hanya bisa ditemukan di titik tertentu saja. Bahkan untuk mendapatkannya, dibutuhkan perjuangan yang kuat untuk menyelam ke bawah lautan. Namun saat ini Candy Basslet sudah mulai dibudidayakan, sehingga bisa dibeli langsung pada penangkarnya.


Nah itulah tadi jenis-jenis ikan hias termahal di dunia, apakah sobat punya salah satunya? wah bisa jadi sultan ya, hehhe

0 Response to "Langka dan Unik, Inilah Ikan Hias Termahal di Dunia"

Posting Komentar

Advertisement